blog

Kata Fasli Jalal di Ajang Wisuda dan Dies Natalis ESQ Business School: Sukses Lebih Banyak Ditentukan oleh GRIT

By December 13, 2022December 15th, 2022No Comments
Kata Fasli Jalal di Ajang Wisuda dan Dies Natalis ESQ Business School

Prof. Dr. dr. Fasli Jalal, Ph.D selaku Ketua Dewan Penasehat ESQ Business School (EBS) menyatakan rasa bangganya kepada puluhan Wisudawan/Wisudawati yang ke-6 ini. Di saat yang bersamaan pada tanggal 12 Desember 2022 ini juga merayakan Dies Natalis EBS yang ke-10 di lantai 1 Granada Ballroom Menara 165, Jakarta.

“Lulusan ESQ Business School, selalu siap untuk belajar dan menjadi pembelajar sepanjang hayat (Lifelong learner). Sebagai lulusan dari sebuah perguruan tinggi Swasta berbasis karakter dan spiritualitas ini, maka bekerja, baik sebagai wirausaha (entrepreneur) maupun bekerja dengan orang lain, adalah IBADAH,” puji sang Rektor Universitas Yarsi itu.



Pria yang pernah menjadi Wakil Menteri Pendidikan Nasional Indonesia di tahun 2010 itu menghimbau “Oleh karena itu kita punya motivasi yang tinggi untuk selalu bisa bekerja sebagai perwujudan dari amal ibadah kita. Tidak ada istilah lelah atau menyerah untuk mencari atau membuat pekerjaan sebagai bagian dari ibadah.”

“Kita akan bekerja secara ikhlas dan amanah sehingga bekerja menjadi menyenangkan. Kita akan bekerja secara tekun dan profesional dengan semangat kerjasama yang tinggi sehingga kualitas kerja kita akan membanggakan. Dan pada akhirnya, sekecil atau sebesar apapun yang kita kerjakan, kita bekerja adalah untuk kemaslahatan umat manusia.”



Ia berpesan, “Kepada lulusan ESQ Business School mari siapkan diri dengan sebaik-baiknya, karena menurut Profesor Psikologi Angela Duckworth dari University of Pennsylvania Amerika Serikat sukses tidak ditentukan oleh IQ saja, atau tingginya nilai akademik saja ataupun kepemimpinan dalam kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler saja.”

“Tapi sukses lebih banyak ditentukan oleh GRIT, yang merupakan kombinasi dari “Passion” atau kecintaan pada apa yang kita lakukan dengan “Perseverance” atau kegigihan, ketangguhan, daya tahan atau semangat pantang menyerah bila berhadapan dengan tantangan atau kegagalan,” papar Fasli yang bergelar Doktor dari Universitas Cornell New York itu.

Dalam bukunya “GRIT why passion and resilience are the secrets to success”, Prof. Angela Duckworth menyimpulkan bahwa untuk sukses dalam kehidupan, maka diperlukan 4 sikap.

“Pertama bangunlah kecintaan pada pekerjaan yang digeluti; kedua, tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai; ketiga, asah diri serta berlatih dengan sungguh-sungguh untuk menguasai pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan; dan keempat, bekerjalah untuk mencapai tujuan yang lebih besar baik untuk kesehatan, kesejahteraan dan keadilan serta kemuliaan buat umat manusia,” jelas sang Pria kelahiran Padang Panjang tersebut.



Sebagai info, perhelatan ini mengusung tema “Generasi Emas Berkarakter Membangun Indonesia yang Unggul” yang disiarkan secara langsung juga di Instagram ESQ Business School serta laman Pribadi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian, dengan total lebih dari 1000 viewers.

“Mahasiswa yang diwisuda hari ini sudah teruji menunjukkan pribadi yang bukan saja siap menghadapi tantangan perubahan, namun bangkit dengan optimis menyambut era kenormalan baru,” ujar Ary Ginanjar.

“Terus terapkan setelah lulus nanti di tempat Anda mengabdi. Berilah performa terbaik Anda dalam memasuki dunia kerja, dunia bisnis, dan kehidupan nantinya dengan penuh rasa syukur dan kebahagiaan dalam berkinerja. Setiap skill, pemahaman, keterampilan dan pengetahuan yang diberikan Tuhan ini adalah sebuah amanah yang harus diamalkan agar berkembang dan berdaya guna,” harapnya.

Untuk itu, Ary berpesan berikan selalu prestasi terbaik dalam bekerja dan berbisnis, dengan keindahan 5 (five) Values EBS: Integrity, Passion, Creativity, Humility dan Profesionalism. Terapkan rasa Humility (rendah hati) dan Integrity (kejujuran) dalam bekerja dan berbisnis, sehingga Anda mampu mewarnai lingkungan.

“Gelorakan selalu Passion dan Creativity, dalam kerangka kerja Profesionalism. Gabungkan 5 values ini dengan kapabilitas, kompetensi serta penguasaan teknologi yang Anda miliki, maka kesuksesan akan menjadi hasilnya,” katanya dengan tegas.




Dalam kesempatannya, Pendiri ESQ Group/ESQ Business School, Ary Ginanjar Agustian telah membuka sidang senat Wisuda yang ke-6 di awal sesi. Ia pun turut mengundang Dwitya Agustina., S.T, M.B.A, Ir. Priyantono Rudito, M.Buss., Ph.D, Ir. I Made Dana M. Tangkas, M. Si., IPM, Irjen Pol (Purn) Dwi Purwanto, Komjen Pol (Purn.) Drs. Nanan Soekarna, Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi., S.E, M.A.P, Dr. Aries Muftie untuk mendampinginya.

Tak lupa para dosen Sujoko Winanto., S.T, M.M, Ahmad Maulidizen., SE,Sy, M.Sh, Abdul Haris Muchtar., S.Ag, MM, Abdul Barir Hakim., S.Kom, M.TI
Ahlijati Nuraminah., S.Kom, M.TI, Anggar Riskinanto., ST, MTI.

Dalam merayakan 1 Dasawarsa ESQ Business School, acara yang dipenuhi dengan warna dominan biru itu dimeriahkan oleh potong tumpeng, foto bersama, ada tarian, persembahan lagu dari mahasiswi EBS.

Tak lupa ada ucapan apresiasi bagi wisudawan wisudawati berprestasi dari 3 program studi yakni:

PRODI ILMU KOMPUTER

Hafizh Al Karim, S.Kom, – IPK 3,84
Naufal Rasyid, S.Kom, – IPK 3,76
Abdullah Ammar, S.Kom, – IPK 3,72
Irevy Jonatya Novella, S.Kom, – IPK 3,68
Muhammad Rizky Perdana, S.Kom, – IPK 3,58 Mohamad Akbar Wisnu Nadyanto, S.Kom., M.Kom. – IPK 3,54

PRODI BISNIS MANAJEMEN

Oktaviani Puji Lestari, S.Mn. – IPK 3.82
Indriyana Eka Salsabila, S.Mn. – IPK 3.76
Nadhira Rizky Chairunnisa, S.Mn. – IPK 3.64
Tamara Alfira Nisa, S.Mn. – IPK 3.62 Fitri Khoirunnisa, S.Mn. – IPK 3.61
Miftahul Jannah, S.Mn. – IPK 3.58
Widya Nur Fauziyah, S.Mn. – IPK 3.56
Aryana Dwi Septania, S.Mn. – IPK 3.52

PRODI SISTEM INFORMASI

Nisa Hayuningrum, S.Kom, – IPK 3,72
Nur Apriliana Cahyani, S.Com. – |PK 3,66
Novita Rusmela Rizki, S.Kom. – IPK 3,65
Adhitya Ramadhan Qodri, S.Kom. – IPK 3,61
M. Raihan Sarwaluddin, S.Kom, – IPK 3,58

Leave a Reply