Skip to main content
blog

Mata Kuliah Sistem Informasi, Bisa untuk IPA dan IPS

By June 15, 2022No Comments

Mata kuliah sistem informasi tidak hanya untuk lulusan IPA namun juga bisa untuk Anda yang berasal dari jurusan IPS.

Di jurusan sistem informasi, Anda tidak akan bertemu dengan mata kuliah Kimia, Fisika maupun Biologi. Meski begitu tetap terdapat mata kuliah matematika maupun statistika.

Berikut gambaran umum materi kuliah sistem informasi di berbagai kampus:

Gambaran Umum Materi Kuliah

Di jurusan sistem informasi, mahasiswa akan belajar tentang analisis data sistem informasi, manajemen SI, pengelolaan database, dan hal teknis lainnya tentang pengoperasian komputer.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan belajar mengenai aspek bisnis dan manajemen. Anda akan terbiasa untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di sekitar dengan kemampuan programming teknologi.

Pelajaran yang Anda dapatkan akan menjadi modal nantinya ketika berada di industri karena peran lulusan SI sangat vital dalam meningkatkan profit perusahaan atau menjaga stabilitas sumber daya yang ada

Materi kuliah SI memang banyak soal hitungan dan statistika komputer, namun tenang, tidak ada pelajaran seperti kimia, fisika maupun biologi.

Kurikulum dan Mata Kuliah Sistem Informasi di ESQ Business School

Mata kuliah Sistem Informasi di ESQ Business School disusun berdasarkan nilai keilmuan yakni bisnis, teknologi, dan nilai kemanusiaan. 

Selain itu, Anda juga dapat memilih antara program digital startup atau business enterprise information system saat memasuki tahun ketiga perkuliahan. 

Di tahun ketiga, Anda akan mempelajari soal bagaimana menyelesaikan suatu masalah. Lalu di tahun keempat, Anda akan merancang sistem bisnis model dari suatu permasalahan atau permintaan klien. 

Lalu berapa jumlah SKS sistem informasi di sini? Jawabannya adalah 153 SKS. Untuk mengetahui detailnya berikut penjelasan soal mata kuliah tiap semesternya.

Semester 1 belajar mengenai algorithm & structure data, business mathematics, dan computational & Design Thinking. Lalu di semester 2 tentang business IS management, operational research, aljabar linier.

Semester 3 mengenai database management system dan IS research. Di semester 4 berfokus pada statistik dan technopreneurship.

Kemudian mulai semester 5-6, Anda akan banyak membahas tentang konsentrasi program yang dipilih.

Di Digital Startup, Anda akan belajar mengenai enterprise business system, business process management, dan decision support system.

Sedangkan untuk program business enterprise information system, terdapat beberapa materi seperti costumer, product, and market validation, startup organization & team, dan agile development & testing.

Menarik bukan mata kuliah sistem informasi di ESQ Business School? Yuk segera bergabung melalui link PMB yang tersedia.

Leave a Reply