Mengapa The EBS Way ?

Imperial Hotel Tokyo & Pohon Bambu

Begitupun dalam membangun manusia. Agar seorang manusia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, pondasi yang kokoh harus disiapkan dengan baik. Jika pondasi ini diabaikan, maka akan robohlah kehidupan manusia.

Kita bisa melihat bagaimana kondisi masyarakat kita hari ini. Betapa pengangguran terus meningkat. Narkoba merasuk di sendi-sendi kehidupan masyarakat. Pergaulan Bebas seolah sudah menjadi gaya hidup. Para pelajar terbiasa dengan tawuran. Depresi hidup membuat bunuh diri menjadi solusi. Dan korupsi tak kunjung pulih menjangkiti negeri ini.

Oleh karena itu, kami di ESQ Business School, menyiapkan sebuah model untuk membangun manusia yang kami sebut dengan The EBS Way, Sebuah rumah yang sempurna memiliki pondasi, tiang dan atap. Begitupun dalam membangun manusia, kita perlu siapkan pondasi, tiang dan atap. Pondasi yang kita bangun adalah Belief, tiangnya adalah Values dan atapnya adalah Competency.

Kisah Imperial Hotel Tokyo
Pada tahun 1923, gempa besar terjadi di Tokyo, Jepang. Guncangan besar itu meluluhlantakkan semua bangunan. Namun ada satu bangunan besar yang tetap utuh berdiri. Bangunan itu adalah Imperial Palace Hotel.

Mengapa Imperial Palace Hotel tetap berdiri ? Ternyata pondasi yang kokoh dari gedung ini yang membuatnya tetap berdiri.

Anda tahu Pohon Bambu ?
Dalam 5 tahun pertama, Pohon Bambu tidak menunjukkan pertumbuhan di atas tanah. Namun setelah itu, Pohon Bambu akan tumbuh menjulang ke atas. Tumbuhnya bukan dalam cm lagi, tapi sudah meter. Sebenarnya apa yang terjadi ?

Ternyata selama 5 tahun, Pohon Bambu mempersiapkan akarnya hingga menjadi akar yang kuat. Sehingga Pohon Bambu tidak mudah roboh meskipun diterpa oleh angin yang kencang. Demikianlah pentingnya pondasi yang kokoh dalam membangun sebuah gedung dan akar yang kuat untuk tumbuhnya sebuah pohon.

Korban Mahasiswa

The EBS Way Model

Di ESQ Business School, yang menjadi pondasi adalah spirit “Alwayas Number One dengan nilai-nilai 165″. Nilai-nilai yang bersumber dari Ihsan, Iman dan Islam.

Selain itu pondasi ini berdasarkan atas keyakinan (belief) terhadap agama dan berjiwa membela negara, nasionalisme. Selanjutnya yang menjadi tiangnya adalah values, nilai-nilai yang membentu karakter, sikap dan perilaku. Setelah Belief dan Values, pondasi dan tiangnya berdiri, di atasnya kita bangun atap. Dan yang menjadi atapnya adalah kompetensi. Kompetensi ini adalah kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan karya.

The EBS Way - Program Studi

The EBS Way
Manajemen Bisnis

THE EBS WAY - Manajemen

Di Program Studi Manajemen Bisnis, Pondasi Mahasiswa dibangun dengan memberikan subjek Agama dan Pancasila. Disamping itu diberikan juga training ESQ Full 4-Level. Mulai dari level Basic, Mission and Character Building, Self Controlling and Collaboration, hingga Total Action. 

The EBS Way
Sistem Informasi

THE EBS WAY - Sistem Informasi

Program studi Sistem Informasi di ESQ Business School pondasi dan tiangnya juga dibangun sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, yang jadi pembeda adalah pada kompetensinya, dimana komptensi sistem informasi akan difokuskan pada People Technology & Management.

The EBS Way
Ilmu Komputer

THE EBS WAY - Ilmu Komputer

Di program studi Ilmu Komputer ini pondasi dan tiangnya dibangun seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentunya yg berbeda adalah kompetensi utamanya, dimana di tahun pertama mereka akan dikenalkan tentang Ilmu Komputer (computer science).