Workshop “Collaborate your Codes Using git” Sukses Berikan Wawasan Baru Mahasiswa EBS

Workshop “Collaborate your Codes Using git” Sukses Berikan Wawasan Baru bagi Para Mahasiswa

Workshop “Collaborate your Codes Using git” Sukses Berikan Wawasan Baru bagi Mahasiswa EBS

ESQ Business School – Perkembangan teknologi informasi yang sedemikan cepatnya telah memasuki segala bidang kehidupan. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, manusia saat ini pun dituntut untuk selalu belajar guna meningkatkan kapasitas diri mereka agar tidak terlindas oleh zaman.

Dalam dunia ilmu komputer penting sekali untuk menguasai tools kolaborasi code karena hampir semua pengembangan project merupakan kerja kolaborasi bersama tim. Ketika mengerjakan project programming bersama tim, umumnya sharing code dilakukan menggunakan flashdisk. Namun ada beberapa masalah yang biasanya terjadi dengan cara tersebut misalnya ketika presentasi project, project yang sudah di-develop tidak bisa dijalankan karena belum merupakan versi code yang terbaru, atau mungkin ada source code yang hilang karena belum di-copy. Hal lain yang mungkin dilakukan biasanya saling mengirim source code via email, namun begitu digabung menjadi eror semua.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, mahasiswa seharusnya meng-upgrade pengetahuannya dengan menguasai tools Git dan Github. Pada hari Kamis (14/11/2019) yang bertempat di Lab 18, Kampus ESQ Business School, diselenggarakanlah acara Workshop dari Program Studi Ilmu Komputer dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Golden Techno ESQ Business School (EBS) yang bertema “Collaborate your Codes Using git.” Acara ini diisi oleh Naufal Rasyid, mahasiswa EBS semester 3 dari program studi Ilmu Komputer.

Workshop “Collaborate your Codes Using git” Sukses Berikan Wawasan Baru bagi Para MahasiswaSecara umum Git adalah sistem kontrol versi terdistribusi yang pada dasarnya adalah sistem yang mencatat perubahan-perubahan pada file kita dari waktu ke waktu. Setiap perubahan kode program dan siapa saja yang mengubah kode (setiap baris kode) akan terdokumentasi dengan baik. Sedangkan Github merupakan aplikasi website yang memberikan layanan penyimpanan repository gartis. Konsep repository Github cara kerjanya mirip seperti Google Drive.

Git dan Github saat ini sudah banyak dipakai untuk industri software, sehingga Git dan Github saat ini merupakan tools yang wajib dikuasai oleh mahasiswa rumpun ilmu komputer.Singkatnya Git dan Github seperti jejaring sosial para programmer untuk saling berkolaborasi. Nah, buat kalian yang ingin mendapatkan Ilmu sebanyak-banyaknya tentang Git dan Github yuk ikuti workshop “Collaborate your Codes Using git.” Biar gak ketinggalan.

Workshop “Collaborate your Codes Using git” Sukses Berikan Wawasan Baru bagi Para Mahasiswa

Golden Techno ESQ Business School
Empowering Leaders with Character
#suksesberkarakter

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi