Wikimedia Ciptakan Peluang Bisnis dengan Data Terbuka

By December 23, 2014Artikel, Berita

Wikimedia, Open Data Lab, OpenStreetMapSiapa yang tidak kenal Wikipedia? Proyek ensiklopedia dengan jaringan bebas dan terbuka yang kini memiliki 20 juta artikel dalam 285 bahasa. Wikipedia di Indonesia dikelola oleh organisasi Wikimedia Indonesia. Pada Jumat 19 Desember 2014 lalu, ketua umum Wikimedia Indonesia, Mba Siska Doviana memberikan kuliah umum kepada mahasiswa ESQ BS di ruang Auditorium Ir. Prof. Surna Tjahja Djajadiningrat.

Tidak hanya Wikimedia, Mba Siska ditemani Mas Josef dari Open Data Lab Jakarta dan Mas Iyan dari OpenStreetMap Indonesia. Open Data Lab adalah proyek dari World Wide Web Foundation (WWWF) yang mensajikan data terbuka secara sosial, politik, dan ekonomi. Sedangkan OpenStreetMap adalah proyek berbasis web untuk membuat peta seluruh dunia yang gratis dan terbuka.

Ketiga organisasi tersebut memiliki visi yang sama, yaitu membuat informasi menjadi terbuka dan dapat digunakan oleh masyarat luas. Dengan data terbuka, semua orang diizinkan untuk mengolahnya menjadi sebuah informasi baru yang lebih akurat. Inilah yang bisa mahasiswa jadikan bisnis,yaitu membuat Start-Up dengan memanfaatkan data terbuka.

Dapatkan Tiket Seminar Eksklusif Bulan November "GREAT PARENTING"

"Mendidik Karakter dengan Karakter" di ESQ Business School.

Free investasi bagi Ayah/Bunda yang memiliki anak kelas 12 SMA/SMK. Rabu, 22 November 2017 (09 - 12)

irwanesq

Author irwanesq

More posts by irwanesq

Leave a Reply