Visitasi BAN PT Dalam Rangka Akreditasi Program Studi Manajemen STIMIK ESQ

Akreditasi-ESQ-Business-SchoolProgram Studi Manajemen yang digagas oleh STIMIK ESQ berdasarkan Surat Keputusan (SK) pendirian 5 Desember 2012, memuat visi yang menekankan pada pembentukan pemimpin berkarakter dan membawa perubahan bagi kehidupan manusia. Maka, sebagai bentuk tanggung jawab terlaksananya tridarma perguruan tinggi, Program Studi Manajemen STIMIK ESQ mengajukan borang akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) pada Desember 2014.

Proses akreditasi dilakukan pada tanggal 5-7 April 2015 dengan 2 assesor yaitu Dr. Yulia Hendri Yeni, SE, MT, Ak dari Universitas Andalas dan Dr. Luluk Kholisoh dari STIE Megar Kencana Yogyakarta. Tahap persiapan dimulai dari proses penjemputan dari Bandara pada 5 April 2014.

Keesokan harinya, 6 April 2015, proses verifikasi borang akreditasi dimulai dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Dr. (HC) Ary Ginanjar Agustian dan segenap jajaran Yayasan dan civitas akademik STIMIK ESQ. Proses asesmen dilakukan dengan membandingan antara borang yang diajukan dengan dokumen, interview kepada ketua STIMIK dan ketua program studi, interview kepada dosen dan mahasiswa, pengecekan fisik gedung dan fasilitas, dan diakhiri dengan penyusunan laporan dan penyampaian hasil visitasi di hari terakhir yaitu 7 April 2015.

Visitasi ini dilakukan untuk memberikan jaminan bahwa perguruan tinggi yang terakreditasi mampu memenuhi standar penjaminan mutu yang ditetapkan BAN PT. Akreditasi juga menjadi pendorong bagi perguruan tinggi agar melakukan perbaikan sehingga kualitasnya diakui oleh para stakeholder yaitu pemilik yayasan, masyarakat, dan pemerintah. Hal ini tentu menjadi salah satu fokus Program Studi Manajemen STIMIK ESQ dalam meraih visi “Menjadi lembaga pendidikan manajemen bagi calon pemimpin korporasi berkarakter, berkelas dunia untuk menciptakan perubahan yang unggul dan berkualitas” pada era Indonesia Emas 2020.