Untaian Kisah yang Menginspirasi dari “Replay Sport,” Sebuah Bisnis Milik Mahasiswa EBS

Untaian Kisah yang Menginspirasi dari "Replay Sport," Sebuah Bisnis Milik Mahasiswa EBS

Untaian Kisah yang Menginspirasi dari “Replay Sport,” Sebuah Bisnis Milik Mahasiswa EBS

ESQ Business School – Saat ini kita telah memasuki dunia digital, segala hal memungkinkan dapat dikendalikan dari segala tempat melalui jaringan internet dengan perangkat gadget/smartphone. Saat ini dengan adanya perangkat teknologi internet yang mumpuni, sangat menguntungkan banyak pihak terutama untuk para pebisnis. Dan dampak dari hal tersebut yakni semakin memudahkan mobilitas manusia dalam berkegiatan sehari – hari termasuk dalam dunia bisnis khususnya dalam bidang ekonomi kreatif, sehingga fenomena ini semakin mengukuhkan dunia menuju arah ekonomi digital. Sederhananya adalah saat ini semua orang mengenal email, penggunaan website, aplikasi, pengelolaan produk secara online, transportasi online, serta transaksi online.

Di era digital sekarang ini pula memunculkan semakin banyak orang-orang yang berbisnis di usia muda. Salah satunya adalah Iqbal Adinara Faruqi, mahasiswa semester 7 jurusan sistem informasi di ESQ Business School (EBS) memulai terjun ke dunia bisnis dengan mendirikan bisnis di bidang digital yang diberi nama “Replay Sport.” Jadi, “Replay Sport” adalah sebuah platform untuk para penggiat futsal yang dapat membantu booking lapangan serta mempertemukan antar pemain & tim futsal dalam sebuah liga indie/online, tidak seperti kebanyakan platform sejenisnya (olahraga) yang hanya membantu booking lapangan saja.

Ketika ditanya mengenai latar belakang berdirinya bisnis ini, Iqbal—sapaan dari Iqbal Adinara Faruqi ini bercerita bahwa, awal mula berdirinya bisnis ini adalah, berawal dari kegelisahan Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal ESQ Business School, yang sering kali kesulitan menemukan lapangan futsal yang dekat dari kampus untuk dijadikan tempat latihan, tak sampai disitu bahkan sesekali sulit untuk menemukan sparing partner dengan tim futsal kampus lain karena waktu dan tempat yang tidak sesuai dan masalah tersebut ternyata hal yang sering terjadi kepada penggiat olahraga futsal lainnya yaitu sulitnya mencari lapangan terdekat dengan jadwal yang kosong dan sulitnya mencari teman bermain futsal dengan waktu yang sesuai, terlebih jika harus membayar uang DP dulu ke lokasi lapangan secara langsung yang membuat semakin ribet.

Berangkat dari hal tersebut, maka pada tahun 2017, Iqbal yang merupakan bagian dari Club Futsal EBS berinisiatif untuk membuat suatu inovasi dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan para penggiat olahraga futsal untuk memesan lapangan futsal dan menemukan teman berolahraga-nya secara online yang diberi nama “Replay Sport.” Tentunya dalam membangun suatu inovasi usaha diperlukannya tim dengan visi misi atau pandangan yang sama atas masalah yang terjadi, akhirnya dengan kesamaan pandangan tersebut bergabunglah Berli, Arif, Firas dan Eri selaku mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta serta Yusuf selaku alumni dari Universitas Respati Indonesia menjadi sebuah tim bisnis Digital Startup “Replay Sport” dengan masing-masing kemampuan dan bidangnya, maka dari itu tim “Replay Sport” beranggotakan 6 orang yaitu Iqbal Adinara (Founder), Berli (Co-Founder), Eri (Co-Founder), Firas (Co-Founder), Arif (Co-Founder) dan Yusuf (Co-Founder)

Untaian Kisah yang Menginspirasi dari "Replay Sport," Sebuah Bisnis Milik Mahasiswa EBSLebih lanjut, Iqbal pun menceritakan tentang suka dan dukanya selama ia merintis bisnis di dunia startup digital ini, menurutnya, tentu banyak sekali suka dan dukanya apalagi sampai saat ini “Replay Sport” sudah berjalan hampir 2 tahun, mungkin di antara banyaknya peristiwa dan yang paling struggling adalah ketika tahap Validasi Customer dan pembuatan produk berupa Web & Mobile Apps, seringkali pada saat Validasi Customer mereka kesulitan mewawancarai pemain futsal untuk menanyakan permasalahan dan solusinya seputar olahraga tersebut, dan untuk membuat Web & Mobile Apps terkadang menemui kendala pada teknis pembuatannya terlebih mayoritas anggota tim “Replay Sport” masih berada di bangku kuliah dengan pengalaman dan ilmu yang masih banyak harus dipelajari lagi, namun semua hal tersebut tidak mengendurkan semangat tim “Replay Sport”, Alhamdulillah-nya tim “Replay Sport” selalu dibantu oleh beberapa mentor yaitu Pak Bayu Kelana, S.Kom, M.Kom selaku Dosen EBS dan Bu Asri Pertiwi, S.T, M.M selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi EBS, selain itu, “Replay Sport” juga menjadi bagian dari “IDX Incubator” yang tentunya banyak mendapatkan bimbingan, pelatihan dan arahan dari berbagai mentor di sana.

Kemudian Iqbal pun membagikan kiat-kiat berbisnisnya. Menurutnya, bagi anak-anak muda yang ingin terjun ke dunia bisnis dan ingin memulai bisnisnya dari nol seperti dirinya yang terpenting adalah modal berupa materi bukanlah hal yang utama, tapi Semangat berjiwa muda untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi orang lainlah yang menjadi hal utama untuk ditanamkan dalam diri, selain itu, passion yang sama dari anggota tim “Replay Sport” dengan latar belakang penggiat olahraga futsal juga adalah menjadi hal penting untuk bertahan dalam proses yang sering kali sulit dilalui. Karena jikalau hobi dan passion bisa dijadikan sebuah karya dapat menjadi “hobi yang dibayar”

Dan Iqbal pun menyampaikan pesan-pesannya untuk para mahasiswa EBS yang juga ingin terjun ke dunia bisnis startup digital seperti dirinya. Menurutnya, tentu sebagai mahasiswa tetap harus belajar giat dan bertumbuh dalam bidang akademik maupun non-akademik, karena hal tersebut bisa menjadi modal dasar terbentuknya pola pikir, sikap, dan tindakan sebagai seorang calon inovator atau pengusaha dikemudian hari, serta tentunya teruslah berpikir besar atas atas apa yang kita inginkan.  “Life once, be significant! Ujarnya.

Semoga ke depannya semakin banyak mahasiswa ataupun alumni ESQ Business School yang menginspirasi kaum muda dengan mendirikan sebuah bisnis yang bermanfaat untuk masyarakat. Hal ini, selaras dengan visi ESQ Business School ke depannya untuk menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi

Leave a Reply

Paste your AdWords Remarketing code here
WhatsApp chat