Univation Menuju AFTA 2015

By November 7, 2014Artikel, Berita

aseanASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN (Association of South East Asian Nation) untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya. AFTA dibentuk ketika Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura tahun 1992.

Pada awalnya, AFTA ditargetkan ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia akan dicapai dalam waktu 15 tahun (1993-2008), kemudian dipercepat menjadi tahun 2003, dan terakhir dipercepat lagi menjadi tahun 2002.

Skema Common Effective Preferential Tariffs For ASEAN Free Trade Area ( CEPT-AFTA) merupakan suatu skema untuk mewujudkan AFTA melalui: penurunan tarif hingga menjadi 0-5%, penghapusan pembatasan kwantitatif dan hambatan-hambatan non tarif lainnya. Perkembangan terakhir yang terkait dengan AFTA adalah adanya kesepakatan untuk menghapuskan semua bea masuk impor barang bagi Brunai Darussalam pada tahun 2010, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapura dan Thailand, dan bagi Cambodia, Laos, Myanmar dan Vietnam pada tahun 2015.

Menyikapi hal tersebut, Universitas Padjadjaran mengadakan Univation 2014 yang diselenggarakan tanggal 4-6 November 2014. Univation 2014 merupakan suatu kegiatan implementasi pembuatan proposal dengan tema “Inovasi Jajanan Pasar Berdaya Saing AFTA” dalam bentuk perencanaan bisnis yang secara langsung menyinergiskan antara pangan dan bisnis. Kegiatan ini juga menitik beratkan terhadap terciptanya suatu inovasi produk pangan baru atau modifikasi produk yang sudah ada. ESQ Business School pun turut berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan ini.

Dapatkan Tiket Seminar Eksklusif Bulan November "GREAT PARENTING"

"Mendidik Karakter dengan Karakter" di ESQ Business School.

Free investasi bagi Ayah/Bunda yang memiliki anak kelas 12 SMA/SMK. Rabu, 22 November 2017 (09 - 12)