The New Selendang Mayang, Kuliner Betawi Inovasi ESQ BS

the new selendang mayangSelendang Mayang adalah jajanan pasar khas Jakarta. Selendang Mayang berarti selendang si mayang atau selendang bidadari. Warnanya yang cerah (merah, putih, hijau) menggambarkan cerahnya warna selendang yang dipakai para bidadari saat turun ke bumi. Bahkan keberadaannya sudah ada sebelum masa penjajahan Belanda.  Selendang mayang umumnya disajikan untuk berbagai acara istimewa seperti pesta pernikahan, sunatan, perayaan HUT RI, HUT Jakarta, atau sebagai sajian berbuka puasa. Sayangnya, kini selendang mayang sulit ditemui sehingga masyarakat mulai melupakannya.

Oleh karena itu, mahasiswa ESQ Business School berusaha untuk melestarikan selendang mayang sebagai salah satu kuliner asli Indonesia melalui brand “The New Selendang Mayang”. Dengan dilakukannya inovasi pada tekstur, rasa (cempedak, daun suji, kayu secang) dan tambahan topping berupa manisan kolang-kaling, lidah buaya, serta buah-buahan langka khas Jakarta (Buni, Jamblang, Kokosan), maka The New Selendang Mayang siap memasuki pasar AFTA 2015.

The New Selendang Mayang dipresentasikan dalam lomba Business Plan Univation 2014 yang diadakan di Universitas Padjadjaran, tanggal 5 November 2014. Setelah melalui seleksi awal, produk ini lolos seleksi ke tahap final bersama 14 peserta lainnya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran, Universitas Telkom, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Diponegoro, Universitas Katolik Parahyangan, ITS Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Mercubuana.

TAGS: