ASEAN Future Leaders Summit
Syahrul : Dari Seluruh Mahasiswa se-ASEAN, Hanya Kita yang Tau VUCA

ESQ Business School – Negeri Jiran menjadi tempat para mahasiswa mengadakan konferensi se-ASEAN di tahun ini. Konferensi tahun ini bertajuk ASEAN Future Leaders Summit 2018 (AFLES 2018). Banyak mahasiswa yang hadir diacara tersebut sebagai delegasi dari Negaranya masing-masing, termasuk dua orang mahasiswa dari ESQ Business School (EBS).

Maraya dan Syahrul adalah mahasiswa yang menjadi delegasi untuk Indonesia dalam konferensi tersebut. Ini adalah kedua kalinya mereka (Maraya & Syahrul) keluar Negeri untuk konferensi antar mahasiswa se-ASEAN. Tahun lalu meraka juga pernah menghadiri konferensi  mahasiswa se-ASEAN untuk Indonesia.

Pada AFLES tahun ini salah satu materi yang dibahas yaitu tentang Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Syahrul dan Maraya pun merasa beruntung, karena hal ini sering disampaikan oleh Dr. (HC) Ary Ginanjar Agustian (Founder of ESQ Business School) di kampus.

“Ada pemateri yang bertanya tentang era VUCA. Dari seluruh mahasiswa se-ASEAN, hanya kita yang tau tentang VUCA itu. Jadi, banyak yang impression sama kita, karena di kampus kita diajarin langsung sama Pak Ary” jelas Syahrul. “Saya juga jelaskan bahwa materi ini sering disampaikan oleh Pak Ary saat kuliah umum, karena Pak Ary cukup terkenal disana. Nah, ini mungkin untungnya saya kuliah di ESQ Business School” sambar Maraya.