Sekilas Program Studi Ilmu Komputer

Program Studi Ilmu Komputer menyelenggarakan pendidikan untuk mahasiswa yang memiliki peminatan khusus di bidang Creative Multimedia dan Game Technology, untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkarir sebagai Creative Technopreneur maupun Professional.

Program Studi Ilmu Komputer memiliki 2 Bidang Konsentrasi, yaitu:

  1. Game Technology & Animation
  2. Computational Intellegence

Bidang Konsentrasi tersebut dimulai pada semester 5 (tahun ke-3) dengan 8 mata kuliah peminatan dan 3 mata kuliah pilihan.

Game Virtual Reality & Augmented Reality

Visi :
Menjadi Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Lulusan di Bidang Ilmu Komputer/Informatika yang Terpercaya di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Mewujudkan Peradaban Emas.

Misi:
1. Kami Perguruan Tinggi Berbasis Karakter yang Menyelenggarakan Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Keilmuan Ilmu Komputer/Informatika melalui Keseimbangan Spiritualitas, Kreativitas dan Intelektualitas

2. Kami Membentuk Entrepreneur dan Profesional yang Mampu Menjadi Pemimpin Perubahan, Beretika, Memiliki Kepekaan Sosial dan Berkelas Dunia

3.  Kami Berjuang Menginspirasi Masyarakat Untuk Mewujudkan Peradaban Emas.

Game Technology & Animation
Augmented Reality 3D

Proses Membuat Game Technology & Animation

Mahasiswa Ilmu Komputer EBS

Tujuan Pendidikan

Program Studi Ilmu Komputer di STIMIK ESQ bertujuan untuk menjadi wadah bagi pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui program-program:

Pendidikan

  1. Menyelenggarakan Program Studi Ilmu Komputer Berkualitas yang Berorientasi pada Bisnis dan Industri serta Memiliki Akreditasi Unggul melalui Kerja Sama dengan Badan Nasional dan Internasional
  2. Menggabungkan Spiritualitas, Kreatifitas, dan Intelektualitas dalam Proses Pembelajaran sehingga Menghasilkan Lulusan yang Mampu Berkiprah serta Membawa Perubahan dalam Dunia Bisnis melalui Pengembangan Ilmu Komputer.

.

Penelitian

  1. Meningkatkan Riset dalam Bidang Ilmu Komputer/Informatika yang Dapat Memberikan Nilai Tambah dan Manfaat Pada Dunia Industri.
  2. Menghasilkan Publikasi Ilmiah sebagai Bagian dari Pengembangan Keilmuan Ilmu Komputer/Informatika di Kalangan Civitas Akademika.

Pengabdian Masyarakat

  1. Menjadikan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Salah Satu Kegiatan Wajib dalam Kurikulum melalui Mata Kuliah Softskill
  2. Mengembangkan Semangat Kewirausahaan yang Melibatkan Peran Serta dan Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Rangka Perbaikan dan Peningkatan Kesejahteraan di Lingkungan Sekitar

“"Kita bukan berbicara berapa keuntungan yang kita dapat, tapi kita bicara tentang sudah berapa banyak orang yang kita bantu",”

Rendy FerdiansyahFounder Startup SarangJasa.com

“Saya bangun startup ini tidak hanya profit yang saya cari, Startup Replay Sports saya bangun dengan tujuan untuk memudahkan para pemain futsal untuk membooking lapangan futsal dan mencari lawan bermain, itulah dasar utama Replays Sports saya bentuk.”

Iqbal Adinara FarukiFounder Startup "Replay Sports"

“Saya membangung Startup ini (Pandora’s Box) karena saya melihat banyak sekali orangtua yang harus bekerja sehingga harus meninggalkan anaknya di rumah. Padahal anak-anak itu sedang berada di Golden Ages, dimana pada masa itu karakter anak di bentuk. Sebutan lain startup ini adalah "Para Pelindung Kesayangan””

Diara Adnin NasutionFounder Startup Pandora's Box

“"Belajar di ESQ Business School ni memang best, kalau kuliah umum tu rasa macam training je, langsung tak da rasa terbeban. kalau nak tanya lecture pun senang, contact je mesti diorang akan cari waktu lapang tuk kita"”

Muhammad UbaidahMahasiswa Asal Malaysia

“"Kuliah di STIMIK ESQ sangat membantu saya dalam kegiatan kerja praktek di Wikimedia. Meskipun tidak secara kseluruhan, namun cukup membantu. sehingga ketika saya kerja praktek sudah mempunyai dasar pengetahuan dalam dunia kerja praktek "”

Mochamad KhoironContent Digital Controller Assistant, Wikimedia Indonesia

Program Ilmu Komputer

Program Ilmu Komputer di ESQ Business School, menyiapkan para lulusannya tidak hanya pintar dengan teknologi, namun memiliki karakter yang unggul. disini mereka akan dihubungkan dengan industry-industri mereka sehingga mereka diharapkan sudah punya wawasan untuk bekerja sebelum mereka lulus. Kemudian sebelum lulus, mereka akan mendapatkan sertifikasi seperti program studi lain.

THE EBS WAY, KURIKULUM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Ini jawabannya mengapa Kampus bisnis ini berbeda dengan yang lainnya, kampus bisnis yang berbasis pendidikan karakter pertama di indonesia ini memiliki keunggulan khusus dalam membangun manusia paripurna. ESQ Business School (EBS) menyiapkan sebuah model yang kami sebut The EBS WAY. The EBS WAY adalah kurikulum berbasis pendidikan karakter yang diterapkan di ESQ Business School. Ibarat Sebuah rumah yang sempurna memiliki pondasi, tiang dan atap. . Agar menjadi manusia yang paripurna, EBS perlu menyiapkan pondasi, tiang dan atap. Pondasi yang kita bangun adalah Belief, tiangnya adalah Values dan atapnya adalah Competency.