Program “Second Generation” Persiapkan Generasi Penerus Bisnis yang Unggul di Masa Depan dalam Segi Intelektual, Emosional, dan Spiritual

Program “Second Generation” Persiapkan Generasi Penerus yang Unggul di Masa Depan dalam Segi Intelektual, Emosional, dan Spiritual

Program “Second Generation” Persiapkan Generasi Penerus Bisnis yang Unggul di Masa Depan dalam Segi Intelektual, Emosional, dan Spiritual

ESQ Business School – Dewasa ini kita bisa melihat bahwa tidak banyak bisnis keluarga yang dilanjutkan oleh generasi penerusnya. Pasalnya adalah para generasi penerus tersebut sangat tergantung dengan keunikan para pendahulu sehingga mereka tidak bisa melanjutkan bisnis keluarga. Selain itu, anggota keluarga hanya ingin meneruskan kepemilikan saham mereka, tetapi enggan untuk berperan dalam urusan mengelola perusahaan. Sehingga tidak ada anggota dari generasi kedua yang memiliki minat, komitmen, dan kemampuan untuk mengambil alih usaha keluarga mereka.

ESQ Business School (EBS) hadir sebagai kampus yang memberikan solusi dari tantangan bisnis keluarga seperti yang sudah dikemukakan di atas, melalui “Second Generation Program.” Di mana pada hari ini (15/01/2019) yang bertempat di Lantai 4, 165 Suite, Menara 165, Jakarta Selatan diselenggarakan acara seminar “Second Generation Program” yang bertajuk “How to Prepare Your Future CEO in VUCA Era” yang dibawakan langsung oleh Founder EBS & CEO ESQ Group, Bapak DR.(HC) Ary Ginanjar Agustian. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00-11.30 WIB. Para peserta yang hadir pun sangat beragam dan para peserta juga sangat antusias mengikuti seminar ini.

Acara ini dibuka oleh Chief Executive Officer (CEO) ESQ Business School yakni Dwitya Agustina, S.T.,M.B.A atau yang biasa disapa dengan Mbak Uwie. Dalam sambutannya, Mbak Uwie berharap agar seminar ini dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya tentang program “Second Generation” ini sehingga semakin banyak nantinya generasi-generasi emas yang lahir dari kampus ESQ Business School, karena ESQ Business School juga mempunyai visi ke depannya sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Program “Second Generation” Persiapkan Generasi Penerus yang Unggul di Masa Depan dalam Segi Intelektual, Emosional, dan SpiritualSebelum masuk ke sesi bersama Bapak DR.(HC) Ary Ginanjar Agustian, dalam acara seminar ini turut hadir pula dua mahasiswa program “Second Generation” dari angkatan pertama yakni Muhammad Isra Nurullah atau yang biasa disapa Isra dan R. Muhammad Kevin Satrya Aji Bramantyo atau yang biasa disapa dengan Kevin. Kedua mahasiswa ini juga sembari menjalankan bisnis yang telah dirintis oleh kedua orangtuanya. Di mana Isra menjalani bisnis di bidang kuliner milik kedua orangtuanya sementara Kevin menjalani bisnis di bidang outsourcing milik kedua orangtuanya. Menurut mereka berdua, ilmu yang didapatkan di EBS program “Second Generation” ini sangat bermanfaat bagi dirinya yang nanti akan meneruskan bisnis keluarganya.

Di program ini mereka diajarkan bagaimana cara membuat visi dan misis perusahaan, kemudian mereka juga belajar tentang pendidikan karakter, belajar tentang bagaimana cara menjadi pemimpin di sebuah organisasi/perusahaan, belajar menjadi role model bagi para karyawan/bawahannya, belajar tentang annual planning, sehat dan tidaknya sebuah organisasi dan masih banyak lagi ilmu berharga yang diberikan oleh EBS di program “Second Generation.” Mereka pun juga berkata, zaman sekarang adalah zaman yang serba instan, serba cepat, dan serba mudah, maka dari itu akan sangat disayangkan sekali apabila kita tidak mau belajar dan kita tidak mempunyai ilmu bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang baik. “Karena kalau sebagai seorang pemimpin saja kita tidak bisa perform, bagaimana kita bisa dicontoh oleh rekan kerja kita atau bawahan kita.” Ujar mereka.

Dalam sesinya, Bapak DR.(HC) Ary Ginanjar Agustian mengatakan bahwa orang yang benar-benar sukses pada kenyataannya hanya 5% saja, sisanya 95% hanya menjadi orang yang biasa-biasa saja, untuk itu kita harus jadi orang yang terkategori benar-benar sukses tersebut. Menurut Daniel Goleman di dalam buku yang ditulisnya, kesuksesan seseorang itu bukan segi intelektual dan keahlian yang menjadi faktor utama, tapi sikapnya lah yang menjadi faktor terbesar penentu kesuksesan seseorang. Untuk itulah ESQ Business School hadir, agar para lulusannya bisa menjadi orang yang sukses dengan berbekal unggul dalam segi intelektual, spiritual, dan emosional dalam dirinya.

Lebih lanjut, Bapak DR.(HC) Ary Ginanjar Agustian mengatakan bahwa kesalahan orang-orang dalam berbisnis adalah sudah punya visi dan misi, struktur organisasi, system tapi ketika dieksekusi tak sesuai dengan harapan. Banyak hal yang luput dari mereka, yakni dari segi behavior, values, beliefs. Menurut survei, perusahaan yang bisa bertahan sampai ratusan tahun karena mereka telah berhasil memiliki core values dan core mission yang jelas. Untuk itulah, program “Second Generation” ini hadir bagi yang ingin mempersiapkan dirinya menjadi pemimpin di masa depan yang unggul dengan visi, misi, dan tujuan yang jelas serta tak lupa memerhatikan culture, behavior, dan belief bagi perusahaannya. Semuanya akan diajarkan di program “Second Generation” baik untuk masa pembelajaran satu tahun (certified) ataupun program regular 4 tahun. “Ingat, pemimpin itu harus menguasai 4 hal berikut, yaitu: pemimpin harus bisa menjadi role model, pemimpin harus memilki keahlian public speaking, pemimpin harus bisa memanfaatkan potensi anak buahnya, pemimpin harus bisa melihat tipe-tipe para bawahannya.” Ujar beliau di akhir sesi.

Dan untuk yang berminat mendaftar dalam program “One Year Certified Executive Program” sudah dibuka pendaftarannya mulai dari bulan Januari 2019. Dan akan dimulai pembelajaran untuk program ini pada bulan Februari 2019. Info lengkapnya bisa menghubungi Surya (081310075559). Sampai bertemu di kelas “Second Generation Program” dan jadilah penerus bisnis yang unggul di masa depan bersama ESQ Business School!

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi