Dua Pilihan Bagi Generasi Millennial ke Depan Adalah Berinovasi atau Dilindas oleh Perubahan Zaman

Pilihan Bagi Generasi Millennial ke Depan Adalah Berinovasi atau Dilindas oleh Perubahan Zaman

Dua Pilihan Bagi Generasi Millennial ke Depan Adalah Berinovasi atau Dilindas oleh Perubahan Zaman

ESQ Business School – Dewasa ini, generasi Millennial menentukan potret negara Indonesia ke depannya. Mengapa demikian? Menurut data yang bersumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), tercatat 63 juta generasi Millennial atau penduduk dalam rentang usia 20-35 tahun, mereka yang berada pada usia tersebut, termasuk ke dalam golongan orang-orang dengan usia produktif. Lalu, dengan generasi Millennial yang saat ini mencapai jumlah yang besar, dapat menjadi peluang, namun juga bisa menjadi tantangan bagi negara Indonesia, khususnya di tahun 2045 dalam mencapai target bagi Indonesia untuk menembus status negara dengan berpendapatan tinggi.

Di tahun 2045, diprediksikan bonus demografi akan berakhir, sehingga di tahun tersebut kita akan memasuki fase “Ageing Population.” Yang akan terjadi di fase ini adalah jumlah penduduk Indonesia yang berusia produktif akan lebih banyak dari penduduk usia produktif. Kita bisa melihat, saat ini, Indonesia telah mengalami bonus demografi dan ini menjadi keuntungan besar bagi Indonesia untuk memajukan Indonesia dari struktur ekonomi.

Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan proyeksi terhadap generasi Millennial, bahwa mereka akan menjadi generasi mayoritas dalam struktur demografi di Indonesia. Di mana, angka jumlah penduduk Indonesia yang makin lama akan makin meningkat. Tercatat di tahun 2018, penduduk Indonesia berjumlah 265 juta. Dan diperkirakan di tahun 2024, penduduk Indonesia meningkat menjadi 282 juta, dan di tahun 2045 diperkirakan akan mencapai 317 juta.

Sekarang ini pula kita sudah memasuki era VUCA di mana saat ini dunia bisnis mengalami keadaan yang penuh gejolak (Volatillity), tidak pasti (Uncertainty), rumit (Complexity), dan serba tidak jelas (Ambiguity) yang ditandai dengan perkembangan yang begitu cepat di segala aspek yang berdampak pada disrupsi atau perubahan dalam dunia bisnis. Tentu, ini menjadi tantangan yang luar biasa bagi generasi Millennial saat ini. Pilihan bagi generasi Millennial saat ini hanya berinovasi atau mati dan menyesuaikan diri atau dilindas oleh perubahan zaman, karena waktu kita tidaklah banyak untuk melakukan perubahan. Bekal yang dibutuhkan generasi muda Millennial saat ini untuk melangkah ke depan agar sukses dalam hidupnya, tak cukup hanya dari segi intelektual tetapi juga dari segi emosional dan spiritual. Karena faktanya, sebesar 10% kesuksesan seseorang bergantung dari segi intelektual dan 90% dari segi emosional dan spiritual

Untuk itulah Bapak DR.(HC) Ary Ginanjar Agustian dan Prof.Ir. Surna Tjahja Djajadiningrat, M.Sc.,Ph.D mendirikan kampus ESQ Business School yang bertujuan melahirkan generasi-generasi emas yang unggul dari segi intelektual, emosional, dan spiritual di masa depan. ESQ Business School merupakan kampus bisnis yang berbasis karakter di Indonesia yang mempunyai visi sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang dapat memenuhi keinginan para orang tua yang telah membuktikan kualitasnya dengan menjadi satu-satunya sekolah bisnis di Indonesia yang meraih Juara Business dan Marketing Plan Univation selama empat tahun berturut-turut di kota Bandung.

Tes seleksi masuk ESQ Business School gelombang ke-2 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 yang bertempat di Kampus ESQ Business School Lantai 19, Menara 165, Kav.1, Cilandak, Jakarta Selatan. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi 081911000165/085880891797 (Admin).

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi