Peran Penting Teknologi “Artificial Intelligence” di Era Industri 4.0 bagi Milenial

By April 28, 2020 April 30th, 2020 Artikel, Berita, Blog, ESQ BUSINESS SCHOOL, Inspirational
Peran Penting Teknologi “Artificial Intelligence” di Era Industri 4.0 bagi Milenial

Peran Penting Teknologi “Artificial Intelligence” di Era Industri 4.0 bagi Milenial

ESQ Business School – Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa negara Indonesia saat ini telah memasuki era revolusi industri ke-4 atau dikenal dengan nama “Industri 4.0” yang menandai terjadinya era “Industri 4.0” ini adalah banyakanya penggunaan mesin-mesin yang terintegrasi oleh jaringan internet atau yang biasa dikenal dengan “internet of things”, Sebelumnya “Industri 4.0” ini telah diperkenalkan di negara Jerman sejak tahun 2011 sebagai bentuk dari penerapan ekonomi digital.

Dengan sudah memasuki era “Industri 4.0” ini, kewajiban bagi negara Indonesia ini pun juga harus menyiapkan generasi-generasi muda atau generasi-generasi millennial menjadi angkatan kerja yang kompetitif, produktif, dan inovatif di sepanjang era tersebut.

Kita semua tentu tidak asing lagi dengan istilah Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) atau biasa disingkat AI. Teknologi AI sudah memegang peranan penting dalam pengembangan inovasi masa depan. AI dipercaya dapat membantu manusia dalam berbagai macam hal.

Secara simple tujuan utama AI adalah bagaimana membuat machine (misal komputer) atau software yang memiliki kecerdasan seperti kecerdasan manusia. Kecerdasan disini bisa meliputi penalaran (reasoning), pengetahuan (knowledge), perencanaan (planning), pembelajaran (learning), komunikasi (communication), persepsi (perception) dan lainnya.

Kini, kita bisa melihat di zaman now ini, ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat melakukan terobosan yang ditujukan untuk kemudahan hidup kita sehari-hari. Mulai dari urusan makanan sampai keuangan semua sudah dibuatkan aplikasi yang berbasis IT (Information Technology). Penggunaan AI hampir selalu ada di setiap lini industri, karena kita sekarang berada di era industri 4.0.

Lalu bagaimana bagi anak-anak muda yang tertarik untuk lebih mendalami ilmu tentang Artificial Intelligence lebih dalam lagi? Program Studi Ilmu Komputer di ESQ Business School adalah jawaban yang tepat, karena selain belajar ilmu pendidikan karakter di kampus ini, para mahasiswanya juga diajarkan ilmu tentang Artificial Intelligence yang akan sangat berguna untuk masa depan.

ESQ Business School
Empowering Leaders with Character
www.esqbs.ac.id