Peran Penting Teknologi “Artificial Intellegence” pada Era Industri 4.0 di EBS

Peran Penting Teknologi “Artificial Intellegence” pada Era Industri 4.0 di EBS

Peran Penting Teknologi “Artificial Intellegence” pada Era Industri 4.0 di EBS

ESQ Business School –  Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa negara Indonesia saat ini telah memasuki era revolusi industri ke-4 atau dikenal dengan nama “Industri 4.0” yang menandai terjadinya era “Industri 4.0” ini adalah banyakanya penggunaan mesin-mesin yang terintegrasi oleh jaringan internet atau yang biasa dikenal dengan “internet of things”, Sebelumnya “Industri 4.0” ini telah diperkenalkan di negara Jerman sejak tahun 2011 sebagai bentuk dari penerapan ekonomi digital.

Dengan sudah memasuki era “Industri 4.0” ini, kewajiban bagi negara Indonesia ini pun juga harus menyiapkan generasi-generasi muda atau generasi-generasi millennial menjadi angkatan kerja yang kompetitif, produktif, dan inovatif di sepanjang era tersebut.

Kita semua tentu tidak asing lagi dengan istilah Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) atau biasa disingkat AI.  Teknologi AI sudah memegang peranan penting dalam pengembangan inovasi masa depan. AI dipercaya dapat membantu manusia dalam berbagai macam hal.

Secara simple tujuan utama AI adalah bagaimana membuat machine (misal komputer) atau software yang memiliki kecerdasan seperti kecerdasan manusia. Kecerdasan disini bisa meliputi penalaran (reasoning), pengetahuan (knowledge), perencanaan (planning), pembelajaran (learning), komunikasi (communication), persepsi (perception) dan lainnya.

Kini, kita bisa melihat di zaman now ini, ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat melakukan terobosan yang ditujukan untuk kemudahan hidup kita sehari-hari. Mulai dari urusan makanan sampai keuangan semua sudah dibuatkan aplikasi yang berbasis IT (Information Technology). Penggunaan AI hampir selalu ada di setiap lini industri, karena kita sekarang berada di era industri 4.0.

Kehadiran AI pun ibarat dua sisi mata uang koin.  Di mana satu sisinya menjadi berkah bagi mereka-mereka yang akrab dengan dunia algoritma dan dunia ilmu komputer, Sementara di sisi lain dapat juga menjadi musibah karena kehadirannya justru menjadi akhir karier bagi sebagian manusia. Karena di era industri 4.0 ini semua sekarang serba digitaliasi dan otomatisasi.

Untuk menghadapi tantangan industri 4.0 ini, ESQ Business School (EBS) menyiapkan program studi Ilmu Komputer dengan salah satu konsentrasinya yaitu  Artificial Intellegences (Kecerdasan Buatan). Selain konsentrasi Artificial Intellegences, program studi Ilmu Komputer ESQ Business School juga memiliki konsentrasi di bidang Game Technology & Animation. Karena menurut survei, berdasarkan data yang dilansir dari situs newzoo.com, Indonesia memiliki jumlah gamer sebanyak lebih dari 43 juta pemain, di mana 56% didominasi oleh kaum laki-laki dengan rentang usia antara 21-35 tahun. Tentu menjadi seorang Game Developer di era sekarang ini, adalah suatu profesi yang sangat menjanjikan di masa depan.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi mahasiswa dan mahasiswi program studi Ilmu Komputer di ESQ Business School. Informasi pendaftaran kampus, bisa langsung menghubungi nomor 081911000165 (Admin). Mari bersama-sama menjadi generasi emas yang unggul di masa depan dengan berkuliah di kampus yang mempunyai visi sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia ke depannya yaitu ESQ Business School

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi