Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Diajarkan bagi Mahasiswa di Bangku Kuliah

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Diajarkan bagi Mahasiswa di Bangku Kuliah

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Diajarkan bagi Mahasiswa di Bangku Kuliah

ESQ Business School – Sebagai mahasiswa yang duduk di bangku perkuliahan sangat penting untuk mendapatkan pendidikan karakter. Karena hal ini bertujuan untuk memperkuat akhlak serta budi pekerti yang luhur bagi para mahasiswa.

Pencapaian intelektualitas dan nilai-nilai akademik harus dibarengi dengan penanaman moral serta karakter yang juga baik. Sebagai mahasiswa juga harus memiliki kemampuan untuk bisa selalu memiliki sifat-sifat jujur, ikhlas, berorientasi kepada pengabdian, dan juga rendah hati. Ini ditujukan agar mahasiswa tak hanya pintar secara intelektual dan sosial, namun juga memiliki moral yang bagus, serta mempunyai empati dan solidaritas yang tinggi terhadap lingkungan sekelilingnya.

Inilah yang menjadi landasan dari ESQ Business School (EBS) sebagai Sekolah Bisnis Terbaik Di Indonesia untuk menciptakan lulusan yang tangguh dan berkarakter. Kurikulum yang dikembangkan akan menjadi pondasi yang kuat bagi mahasiswa untuk meraih keberhasilan berkelanjutan. Karena sesungguhnnya faktor untuk meraih kesuksesan, bukan hanya dilihat dari kecerdasan intelektual saja, tapi juga berasal dari kecerdasan secara emosional dan kecerdasan spiritual. Hal ini sama halnya dengan yang dikemukakan dari Psikolog Daniel Goleman bahwa faktor penentu kesuksesan, sebanyak 20% berasal dari faktor intelektual dan selebihnya sebanyak 80% berasal dari faktor emosional dan spiritual.

Oleh karena itu, di kampus ESQ Business School, para mahasiswa diajarkan oleh segenap tim pengajar/dosen untuk memiliki pengertian yang lebih baik terhadap pengetahuan umum, memahami pengelolaan perusahaan dan mampu mengimplementasikannya. Dengan ini mahasiswa diharapkan siap menghadapi masalah, baik untuk perusahaan maupun bisnisnya sendiri, serta tak lupa para mahasiswa dibekali dengan matakuliah pendidikan karakter selama 8 semester mereka berkuliah di kampus EBS.

Pendidikan karakter idealnya ditanamkan sejak dini di lembaga pendidikan dasar dan menengah, namun lebih ditingkatkan pada jenjang pendidikan tinggi. Karena mahasiswa di lingkungan kampus mempunyai kepentingan yang turut terjun langsung untuk lebih dekat kepada masyarakat.

Psikolog kontemporer asal Amerika Serikat yakni Daniel Goleman pun pernah mengatakan bahwa untuk sukses, tak hanya kecerdasan intelektual yang berperan penting. Karena kecerdasan intelektual hanya memberi andil sebanyak 20% saja, namun yang lebih penting adalah kecerdasan emosional dan juga kecerdasan spiritual yang turut memberikan andil sebanyak 80%.

Karakter positif merupakan hasil pendidikan dan pembiasaan yang dimulai sedari kecil, bukan hal yang instan. Karena itu, keluarga, masyarakat, dan sekolah berperan sangat signifikan dalam pembentukan karakter seseorang. Pembentukan dan pematangan karakter ini akan mencapai klimaksnya di lingkungan perguruan tinggi. Karena itu, ESQ Business School yang mempunyai visi sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia ke depannya memberikan matakuliah pendidikan karakter selama 8 semester agar kelak para lulusannya menjadi generasi yang unggul di masa depan.