Pentingnya Pendidikan Karakter Sebagai Pondasi Terkuat dalam Membentuk Manusia Berakhlak

Pentingnya Pendidikan Karakter Sebagai Pondasi Terkuat dalam Membentuk Manusia Berakhlak

Pentingnya Pendidikan Karakter Sebagai Pondasi Terkuat dalam Membentuk Manusia Berakhlak

ESQ Business School – Sebagaimana yang kita ketahui, pendidikan karakter adalah pendidikan yang bertujuan untuk membangun sebuah karakter seseorang untuk menjadi lebih baik dan pendidikan ini penting bagi setiap orang, yang dimana karakter tersebut lah yang akan mendominasi sifat atau identitas dari orang tersebut. Pendidikan karakter pertama kali dicetuskan oleh pedagog jerman F.W.Foerster (1869-1966)

Lali, definisi dari Karakter itu sendiri menurut berbagai sumber adalah nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat.

Pertama-tama yang harus kita ketahui adalah bahwa Pendidikan pada dasarnya memiliki dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar, dan membantu manusia untuk menjadi baik. Menjadikan manusia cerdas dan pintar bisa jadi mudah untuk melakukannya, tetapi membuat manusia menjadi baik tampaknya lebih sulit bahkan sangat sulit.

Saat ini tidak hanya di Indonesia, seluruh dunia sedang mengalami perkembangan dunia internet dengan pesatnya, di sisi lain hal tersebut membuat pelaku bisnis lebih mudah merasakan dampak yang begitu besar dari perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Kita berada di era VUCA (Volatillity, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) yang menyebabkan perubahan di segala aspek yang terjadi begitu cepat. Selain itu dampak positif juga dirasakan sebagian besar masyarakat, dengan berkembangnya internet dan saat ini cukup mudah didapatkan dalam kehidupan mereka.

Dalam hal ini terkadang teknologi masih sering menyebabkan tingginya perilaku menyimpang seperti: krisis moral, pornografi, dan masih banyak lainnya. Maka dari itu perlunya kesadaran dalam menciptakan generasi yang beretika dan berkarakter demi tujuan membangun bangsa untuk lebih maju dan bebas dari prilaku menyimpang. Ini bisa ditemukan bersama ESQ Business School (EBS), Hadir sebagai Sekolah Tinggi Bisnis dan Ilmu Komputer yang berbasis Pendidikan Karakter.

Lalu, tujuan pendidikan karakter bagi mahasiswa adalah Jadi bagi mahasiswa, sangat penting untuk mendapatkan pendidikan karakter, hal ini bertujuan untuk memperkuat akhlak dan sifat terpuji bagi peserta didik (dalam hal ini mahasiswa). Karena kepandaian di bidang pendidikan saja belum cukup tanpa bekal moral dan karakter yang kuat. Agar saat mahasiswa terjun di masyarakat nanti tidak terjadi penyalahgunaan ilmu yang di pelajari selama sekolah.

Bersama EBS,  Mahasiswa dibekali tentang strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi sebagai sumbernya. Tidak hanya itu calon lulusan EBS berbeda dengan lulusan sekolah bisnis yang lainnya, dimana pembentukan karakter menjadi pondasi setiap mahasiswanya. Pondasi inilah yang memberikan kekuatan tersendiri bagi seluruh Mahasiswa EBS. Hal ini juga sejalan dengan visi yang dimiliki EBS yaitu untuk menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia ke depannya.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi