Pentingnya Menguasai Ilmu Manajemen Pemasaran Dibahas di “Integrated Management Workshop”

an pada sesi terakhir di hari pertama kemarin, disampaikan materi yang cukup menarik tentang “Strategic Marketing Management” oleh dosen EBS yang berprofesi pula sebagai wirausahawan dan peneliti, yakni Bapak Lukmanul Hakim,S.Sos, MA.

Pentingnya Menguasai Ilmu Manajemen Pemasaran Dibahas di “Integrated Management Workshop”

ESQ Business School –  Pembelajaran adalah sebuah proses yang harus dilakukan seseorang  sampai akhir hayat. Hendaknya seseorang terus meng-upgrade dirinya agar dia bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari, karena seseorang yang beruntung apabila dia terus menerus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Seperti yang sudah dituliskan di dalam artikel sebelumnya, ESQ Business School (EBS) menyelenggarakan “Integrated Management Workshop” pada tanggal 26 September – 27 September 2018 yang bertempat di Lantai 19, ESQ Business School, Jakarta Selatan.

Sebuah program yang ditujukan untuk para Eksekutif, Manager dan Staf di posisi manajerial yang membutuhkan pemahaman Integrated Management. Karena ilmu-ilmu yang disampaikan di sini adalah dari segala bidang yang mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, serta manajemen operasi. Karena pemateri yang ikut serta dalam acara ini adalah para dosen-dosen dari EBS yang sangat ahli dalam bidangnya.

Untuk “Integrated Management Workshop” kali ini, materi lebih banyak dan lebih padat disampaikan di hari pertama workshop ini dilaksanakan. Sedangkan untuk hari kedua, peserta lebih banyak diberikan review terhadap materi yang telah disampaikan pemateri di hari pertama.

Di hari pertama penyelenggaraan workshop ini kemarin, banyak sekali materi berkualitas yang disampaikan oleh para dosen-dosen EBS yang ahli di bidangnya. Setelah Bu Leli Deswindi, SE, MT yang menyampaikan materi tentang “Big Why and Strategic Human Resource” di sesi pertama, dilanjutkan dengan Penyampaian materi tentang “Finance Management and Operational Management” yang disampaikan oleh Bapak Dadan Ramdhan, SE. Dan pada sesi terakhir di hari pertama kemarin, disampaikan materi yang cukup menarik tentang “Strategic Marketing Management” oleh dosen EBS yang berprofesi pula sebagai wirausahawan dan peneliti, yakni Bapak Lukmanul Hakim,S.Sos, MA.

Dalam paparan materi kepada para peserta “Integrated Management Workshop” beliau menjelaskan bahwa sangat penting untuk menguasai dan bukan sekadar memahami ilmu tentang pemasaran apabila sebuah perusahaan ingin maju. Apalagi zaman sekarang adalah zaman yang serba digital, semua terkoneksi dengan siapapun bisa lewat internet, oleh karena itu, perusahaan di zaman sekarang juga harus mau bergerak mengikuti era digital yang ada sekarang ini, penting pula untuk melakukan pemasaran produk atau jasa lewat digital, yang dinamakan dengan digital marketing.

Beliau juga menjelaskan bahwa, perusahaan startup di era sekarang banyak yang melupakan pentingnya strategi pemasaran, karena mereka hanya fokus di sisi pengembangan teknologi. Apakah hal demikian berdampak untuk kemajuan perusahaan startup tersebut? Tentu sangat berdampak. Karena di era sekarang ini, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendirikan perusahaan startup, jika sebuah perusahaan startup tidak aware dengan ilmu marketing dan tidak mau mempelajarinya, maka siap-siap saja akan kalah saing dengan startup-stratup lain di luar sana.

Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan bahwa pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran juga dapat merangsang penelitian dan ide-ide baru yang akan menghasilkan produk baru yang inovatif. Produk baru yang banyak memberikan konsumen banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, dan apabila konsumen merasa puas dengan produk yang telah digunakannya, dampaknya adalah produsen dari produk tersebut akan membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat karena banyak permintaan terhadap barang tersebut sehingga mengurangi angka penggangguran.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi