Pemanfaatan Teknologi Sebagai Penunjang Kegiatan Bisnis Dikupas dalam “Techtalk: Bring Your Technology Ideas to Life”

Pemanfaatan Teknologi Sebagai Penunjang Kegiatan Bisnis Dikupas dalam “Techtalk: Bring Your Technology Ideas to Life"

Pemanfaatan Teknologi Sebagai Penunjang Kegiatan Bisnis Dikupas dalam “Techtalk: Bring Your Technology Ideas to Life”

ESQ  Business School – Perkembangan dunia teknologi informasi yang sedemikan pesatnya saat ini telah memasuki segala bidang kehidupan. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi berdampak pada persaingan bisnis secara global. Saat ini pula sudah bukan ha lasing lagi banyak perusahaan Startup bermunculan di Indonesia. Perusahaan-perusahaan Startup semakin beragam saat ini di Indonesia dengan berbagai sektor yang berbeda baik itu perbankan, transportasi, musik, penyedia jasa hotel, bidang fashion, dan lain sebagainya

Kemajuan teknologi sangat membantu kegiatan operasional sebuah perusahaan yang dituntut untuk semakin cepat dan canggih. Dengan teknologi informasi dapat diciptakan suatu cara yang dapat meningkatkan kemampuan kerja dalam segala hal.

Pada hari ini (02/10/2019) diselenggarakan kegiatan dari Program Studi Ilmu Komputer ESQ Business School (EBS) yaitu “Techtalk: Bring Your Technology Ideas to Life” di mana acara ini juga merupakan acara perdana dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Golden Techno yang diselenggarakan di Lantai 18, Ruang Auditorium Prof.Ir.Surna Tjahja Djadjadiningrat yang dimulai pukul 08.30-12.00 WIB. Acara ini pula dihadiri pula oleh Ketua Program Studi Ilmu Komputer Ibu Ahlijati Nuraminah, S.Kom.,M.TI, Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan, Bapak Sujoko Winanto, S.T.,M.B.A, serta para mahasiswa dan mahasiswi EBS dari berbagai angkatan.

Belajar Memanfaatkan Teknologi Sebagai Penunjang Peningkatan Bisnis dalam “Techtalk: Bring Your Technology Ideas to Life"Dalam acara ini materi dibawakan oleh dua pembicara, yakni Eko Kurniawan (Senior Programmer di Blibli.com) dan Endang Suwarna (Developer di Kitabisa.com) serta dimoderatori oleh Mahasiswa EBS dari semester 3 yaitu Naufal Rasyid. Di sesi pertama, Mas Eko—begitu biasa beliau disapa membawakan materi tentang pengenalan dalam dunia Startup yang saat ini sudah berkembang pesat di Indonesia. Menurut beliau, generasi milenial saat ini banyak yang tergiur untuk mendirikan Startup, tentu hal tersebut adalah hal yang positif, namun yang harus diperhatikan adalah buatlah Startup yang memiliki nilai manfaat untuk orang lain, jangan asal untuk mendirikan Startup.

Pemanfaatan Teknologi Sebagai Penunjang Kegiatan Bisnis Dikupas dalam “Techtalk: Bring Your Technology Ideas to Life"

Pemanfaatan Teknologi Sebagai Penunjang Kegiatan Bisnis Dikupas dalam “Techtalk: Bring Your Technology Ideas to Life"Lalu di sesi kedua dengan pembicara yaitu Endang Suwarna dari Kitabisa,com, Mas Endang yang berprofesi sebagai DevOps di Kitabisa.com memberikan pemaparan materi tentang profesi DevOps yang tengah dijalaninya sekarang ini. DevOps merupakan metode pengembangan aplikasi yang memadukan bagian pengembangan aplikasi (Development) dan bagian operasi aplikasi (Operations). DevOps juga bertujuan untuk membantu developer membangun aplikasi lebih cepat dengan tingkat kegagalan yang lebih rendah. Profesi DevOps termasuk salah satu profesi yang menjanjikan di dunia Teknologi Informasi saat ini, karena menurut data dari StackOverflow pada tahun 2017, DevOps Specialist menduduki peringkat pertama dalam rata-rata gaji.

Dua pembicara dalam acara ini juga mengatakan bahwa jangan pernah bosan untuk mengetahui dan untuk belajar dunia teknologi, karena jika kita tidak mau belajar, kita akan terlindas oleh zaman di era digital yang ada sekarang ini. Harus mau menggali informasi lebih banyak tentang dunia teknologi, apalagi kegiatan bisnis di zaman ini sudah pasti memerlukan bantuan Teknologi Informasi agar bisa meningkatkan penjualan.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi