Para Orangtua Diajak untuk Memahami Pola Didik Anak Milenial dalam Seminar “Effective Parenting for Millenials” di EBS

Para Orangtua Diajak untuk Memahami Pola Didik Anak Milenial dalam Seminar “Effective Parenting for Millenials” di EBS

ESQ Business School – Dewasa ini, banyak orangtua yang terlalu fokus pada kekurangan anak-anak mereka sehingga mereka tidak tahu bahwa di balik kekurangan yang dimiliki oleh anak-anak mereka tersimpan berbagai kelebihan. Padahal jika seorang anak mengenal dirinya lebih dalam, memahami kekuatannya, dan memaksimalkan kekuatannya secara tepat, maka hasilnya akan luar biasa.

Selaras dengan hal tersebut, pada hari Sabtu (09/03/2019) di ESQ Business School (EBS) diselenggarakanlah seminar untuk orangtua yang bertajuk “Effective Parenting for Millenials” yang dibawakan langsung oleh ESQ 3.0 Master Coach yaitu, Coach Arief Rahman. Acara ini berlangsung di lantai 18 ruang 1805 dengan dihadiri oleh para Ayah dan Bunda yang antusias untuk belajar dan rata-rata berdomisili di Jabodetabek, serta acara ini berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WIB.


Dalam seminar ini, Coach Arief—sapaan dari Coach Arief Rahman membahas tentang cara-cara efektif bagi orangtua untuk mendidik anak-anak mereka yang saat ini sebagian besar adalah anak-anak yang termasuk dalam golongan Generasi Milenial. Generasi Milenial adalah sekelompok orang yang lahir setelah generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000an yang artinya berusia 17-37 tahun saat ini. Generasi Milenial pun sangat berbeda dari generasi sebelumnya apalagi yang berkaitan dengan dunia teknologi. Generasi Milenial saat ini sudah sangat terkait dengan teknologi dan media sosial.


Coach Arief berkata bahwa untuk mendidik Generasi Milenial, dibutuhkan cara yang tidak sama dengan didikan orangtua pada zaman dahulu. Orangtua di zaman sekarang yang sebagian besar mendidik Generasi Milenial harus menciptakan kedekatan kepada anak dengan. Jangan sibuk dengan gadget saja karena anak-anak akan cenderung lebih senang jika ketika bercerita kepada kedua orangtuanya tentang apa yang mereka alami serta kedua orangtuanya pun mendengarkan dengan seksama dan juga meresponnya.


Anak-anak generasi Milenial cenderung lebih suka diperhatikan oleh kedua orangtuanya, jangan sebagai orangtua hanya sibuk dengan smartphone-nya saja. jalinlah kedekatan dengan anak, caranya adalah dengan bertanya pertanyaan yang open ended, open ended maksudnya adalah pertanyaan yang diawali dengan kata “Apa” yang membuat anak-anak bisa lebih leluasa bercerita kepada kedua orangtuanya, seperti:
1. Apa yang kamu pelajari di sekolah hari ini?
2. Apa jurusan yang kamu minati setelah lulus SMA nanti?
3. Apa yang membuatmu tertarik memilih jurusan tersebut?

Dan penting bagi kedua orangtua untuk paham kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh seorang anak. Jangan memaksa sesuatu yang mereka tidak bisa lakukan.

Temukan potensi terbaik dalam diri seorang anak. Jangan sampai mereka ibarat seperti kura-kura yang dipaksa untuk terbang. Maka kura-kura tersebut tidak akan berkembang dan malah akan hancur hidupnya.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi