OISCA International Berikan Kuliah Umum Pada Mahasiswa ESQ BS

OISCAOISCA (Organization for Industrial Spiritual & Cultural Advancement) merupakan suatu organisasi Internasional non-profit yang berpusat di Jepang dan memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai negara terutama di kawasan Asia Pasifik dan Amerika Latin. Citra Jepang sebagai negara maju tercermin dari sistem pendidikannya yang juga unggul.

OISCA dan ESQ Business School memiliki kesamaan visi, yaitu keyakinan yang kuat terhadap nilai spiritual dan kepedulian yang tinggi terhadap makhluk hidup, termasuk alam. OISCA juga memliki konsep pribadi seperti ESQ Business School yang memiliki metode pengajaran SKI (Spiritualitas, Kreativitas, dan Intelektualitas).

Pada Rabu 16 Desember 2015, Bapak Yunoshin Kuroda, Bapak Eiji Shiiree, dan Bapak Suzuki Tomoji dari OISCA International memberikan kuliah umum pada mahasiswa ESQ Business School di Auditorium Prof. Ir. Surna Tjahjadiningrat, M.Sc, Ph.D, Menara 165 lantai 18. Kuliah umum ini membahas mengenai pendidikan dan pemikiran orang Jepang yang sudah tidak diragukan dunia.

Budaya, pola pikir, dan perilaku masyarakat Jepang sangat menarik untuk dipelajari. Etos kerja masyarakatnya sangat ESQ Business Schooldisiplin sehingga banyak ditiru berbagai negara. Mereka sejak kecil dididik untuk terbiasa membersihkan rumah dan lingkungan sekitar. Di setiap sekolah pun terdapat hewan-hewan dan kebun untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama makhluk hidup. Nilai spiritual masyarakat Jepang yang sangat tinggi diterapkan dalam mencapai goals mereka.

Namun, OISCA mengaku khawatir dengan perilaku generasi muda Jepang yang kini mulai bergeser dari budaya asalnya. OISCA ingin masyarakat Jepang meniru budaya Indonesia dalam hal etika berhubungan dengan sesama manusia.

Kuliah umum ini merupakan keberlanjutan dari penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) ESQ Business School dengan OISCA pada bulan Oktober lalu. Selanjutnya, akan dilakukan kerjasama dalam program lain untuk memperkaya pengetahuan dan memperkuat karakter mahasiswa ESQ Business School.

 

TAGS: