Metode Pembelajaran “SKI” Bangkitkan Spiritual, Kreativitas, dan Intelektual Para Mahasiswa EBS

sekolah bisnis terbaik, kampus bisnis terbaik, sekolah bisnis terbaik di indonesia, sekolah bisnis terbaik di jakarta, kampus bisnis terbaik di indonesia, kampus bisnis terbaik di jakarta, esq business school, program technopreneurship, penerimaan mahasiswa baru, sekolah bisnis

Metode Pembelajaran “SKI” Bangkitkan Spiritual, Kreativitas, dan Intelektual Para Mahasiswa EBS

ESQ Business School – Setiap orang pasti menginginkan hidupnya sukses. Namun, kesuksesan dapat diraih dengan kreativitas yang muncul dari ide-ide dan mampu diimplementasikan dengan tindakan. Dengan kreativitas sebuah gagasan akan menghasilkan sebuah pencapaian yang maksimal, tentunya didasari dengan ilmu dalam hal intelektualitas (akademik). Hal ini dapat dituangkan dalam sebuah bisnis maupun perusahaan yang memiliki visi dan misi yang jelas. Kreativitas dibutuhkan untuk dapat tetap bersaing ditengah tingginya perekonomian agar perusahaan dan bisnis yang dikelola tetap stabil dan bertahan.

Perguruan tinggi yang memiliki metode maupun cara mendidik mahasiswa agar lebih kreatif dinilai masih sangat jarang, ESQ Business School (EBS) hadir dengan misi yang sangat jelas dan kompeten. Demi menciptakan seorang pemimpin dan pengusaha yang berkarakter, EBS mempunyai visi untuk menjadi Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia dengan metode belajar berbasis spiritualitas, kreativitas dan intelektualitas (SKI). Dengan begitu mahasiswa EBS diharapkan dapat menjadi lulusan yang berkarakter, kreatif, dan mampu menjawab permasalahan dengan teori intelektualnya.

Apa itu Metode SKI? Metode SKI adalah Spiritualitas, Kreativitas, dan Intelektualitas, yaitu sebuah konsep yang menerapkan Why, How dan What. Di awal perkuliahan penjelasan mengenai konsep Why (mengapa) nya dari metode SKI di berikan kepada mahasiswa. Di awali dengan pertanyaan kepada mereka alasan kenapa mereka belajar matakuliah ini.

Metode Pembelajaran “SKI” Bangkitkan Spiritual, Kreativitas, dan Intelektual Para Mahasiswa EBSDengan pertanyaan itu adalah cara untuk mengetahui pengetahuan atau arah jurusan yang mereka telah ambil sesuai dengan cita-cita mereka atau sesuai dengan passion mereka, mereka mengambil mata kuliah bukan hanya sekadar ikut-ikutan. Kemudian dari alasan-alasan mereka, kita jelaskan dan berikan arahan.

Kemudian konsep How (bagaimana), yaitu memberikan penjelasan bagaima mata kuliah tersebut dapat diimplementasikan dengan baik dalam dunia pendidikan maupun dalam dunia industri yang mempunyai nilai guna yang positif pada manusia. Dengan kombinasi teknik pengajaran yaitu dengan visualisasi hal tersebut membawa mahasiswa ESQ Business School akan lebih memaknai dari sekedar mencari sebuah nilai.

Di akhir metode SKI yaitu,  konsep What (apa), yaitu contoh bentuk dari hasil pemikiran dan pembelajaran mahasiswa EBS yang diimplementasi dalam tugas tugas serta projek-projek yang memiliki nilai guna kepada masyarakat.

Metode belajar berbasis SKI ini bermakasud untuk dapat membentuk karakter mahasiswa EBS agar menjadi pribadi yang tangguh dan siap menciptakan seorang pemimpin berkarakter dan berkelas dunia. Mahasiswa dibimbing agar dapat berkomunikasi, berfikir kritis, dan berani mengambil keputusan baik dalam berbisnis maupun beroganisasi. Dasar dari metode SKI ini adalah kecerdasan emosi, kecerdasan berfikir, dan kecerdasan spiritual.

Metode Pembelajaran “SKI” Bangkitkan Spiritual, Kreativitas, dan Intelektual Para Mahasiswa EBS

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi