Mengupas Lebih Dalam Dunia Perbankan Syariah Lewat Kuliah Umum bersama Bapak Muchamad Bachtiar, S.T.P.,M.M di EBS

Mengupas Lebih Dalam Dunia Perbankan Syariah Lewat Kuliah Umum bersama Bapak Muchamad Bachtiar, S.T.P.,M.M di EBS

Mengupas Lebih Dalam Dunia Perbankan Syariah Lewat Kuliah Umum bersama Bapak Muchamad Bachtiar, S.T.P.,M.M di EBS

ESQ Business School – Proses belajar hendaknya dilakukan manusia sepanjang usianya, jangan pernah merasa puas terhadap ilmu yang telah didapat, semakin banyak ilmu yang kita dapat, sejatinya wawasan kita semakin kaya dan berkembang. Dan ilmu-ilmu yang sudah kita dapat akan lebih bermanfaat apabila kita juga membagikannya kepada orang lain, karena berbagi tidak akan pernah membuat hidup kita menjadi berkurang.

Itulah sebabnya mengapa para mahasiswa tidak boleh hanya merasa puas mendapatkan ilmu dari satu dosen di dalam kelas saja, tapi mereka juga perlu mendapatkan ilmu guna mengupgrade diri mereka dari yang ahli di bidangnya. Hal ini selaras pula yang dilakukan oleh ESQ Business School (EBS) kepada para mahasiswanya, hari ini (19/12/2018) EBS menyelenggarakan kuliah umum untuk matakuliah Keuangan Syariah, yang diisi oleh Bapak Muchamad Bachtiar, S.T.P.,M.M yang saat ini bekerja di Global Wakaf Corporation sebagai Marketing Strategic Partnership. Acara kuliah umum ini diselenggarakan di Ruang 1803 Lantai 18, ESQ Business School, Jakarta Selatan.

Mengupas Lebih Dalam Dunia Perbankan Syariah Lewat Kuliah Umum bersama Bapak Muchamad Bachtiar, S.T.P.,M.M di EBSDalam sesi kuliah umum hari ini, Bapak Muchamad Bachtiar, S.T.P.,M.M banyak menjelaskan tentang Manajemen Keuangan Syariah, di sini juga beliau banyak menjelaskan tentang dalil akad dan transaksi dalam ekonomi islam, larangan transaksi dalam islam, serta perbedaan bank syariah dan bank konvensional. Para mahasiswa dan para mahasiswi EBS juga dibekali ilmu tentang bahayanya system riba, serta apa saja fungi dan pengaruh dari perbankan syariah. “Riba berbahaya karena bisa merusak struktur perekonomian, riba juga akan menjadi bencana bagi kita di dunia dan di akhirat, oleh karena itu riba harus dijauhi. Jangan sampai kita makan dan minum dari hasil riba.” Ujar beliau

Ali Bin Abi Thalib RA, pernah berkata:

“Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka pasti dia akan terjerumus ke dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya, dan terus-menerus terjerumus.”

Lebih lanjut, Bapak Muchamad Bachtiar, STP.,MM mengatakan bahwa fungsi-fungsi utama dari Perbankan Syariah adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menciptakan keadilan, pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan
  2. Meningkatkan kualitas hidup umat
  3. Menekan tingkat inflasi dalam negeri
  4. Iklim usaha akan berpindah dari usaha non riil (riba, perdagangan uang, perdagangan saham) menjadi usaha riil (perdagangan barang dan jasa halal)
  5. Menjaga stabilitas ekonomi dan moneter

Semoga dengan diselenggarakannya kuliah umum di ESQ Business School yang mempunyai visi sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia ke depannya ini, di mana mengangkat tema tentang “Manajemen Keuangan Syariah” membuat para mahasiswa dan mahasiswi EBS bertambah wawasannya dan mereka bisa menerapkan dan bisa berbagai ilmu yang telah diberikan oleh Bapak Muchamad Bachtiar, S.T.P.,MM. Karena jelas, seluk beluk tentang perbankan syariah itu akan berguna dalam kehidupan khususnya kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW agar mengikuti segala ajarannya khususnya dalam kegiatan ber-muamalah antar sesama manusia yang baik dan benar.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi