Mengungkap 5 Alasan di Balik Pentingnya Membaca Buku

Mengungkap 5 Alasan di Balik Pentingnya Membaca Buku

Mengungkap 5 Alasan di Balik Pentingnya Membaca Buku

ESQ Business School – Berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara yang menyoal tentang minat membaca. Hal ini membuktikan bahwa minat baca di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara Finlandia yang menempati urutan pertama minat baca tertinggi di dunia.

Dengan rajin membaca, banyak sekali ilmu yang kita dapatkan, yang sesuai dengan ungkapan “semakin banyak yang kita baca, maka semakin banyak yang kita tahu.” Bukan hanya buku sejatinya yang kita baca, sekarang ini apalagi di era digital, membaca artikel bermanfaat juga bisa menambah informasi. Sebagian besar mahasiswa di zaman sekarang, lebih senang mempergunakan gadget atau smartphone-nya hanya untuk memposting kegiatannya di sosial media, dibandingkan dengan membaca buku versi digital (e-book) atau sekadar membaca artikel-artikel bermanfaat dari media mainstream ataupun dari platform blog.

Lalu, sebenarnya apakah manfaat yang kita dapat dari membaca buku? Tentu banyak sekali manfaat yang akan didapat. ESQ Business School (EBS) merangkumnya dalam 5 hal berikut ini sebagaimana yang telah dilansir dari situs ruangmahasiswa.com, simak ulasannya berikut ini:

  1. Meningkatkan Daya Ingat
    Poin pertama dari manfaat membaca buku adalah meningkatkan daya ingat. Pasalnya adalah dengan sering membaca buku, kamu akan lebih sering menjumpai kata-kata ataupun kalimat-kalimat yang sama. Kamu juga akan banyak membaca cerita yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain, sehingga ketika kamu pernah mengingat akan suatu hal, maka dampaknya adalah jika kamu membaca kembali hal yang berkaitan, maka ingatan tersebut akan saling menguatkan.Mengungkap 5 Alasan di Balik Pentingnya Membaca Buku
  1. Menambah Pengetahuan
    Sudah pasti adanya, dengan membaca buku, ilmu pengetahuanmu akan bertambah. Ungkapan “buku adalah jendela dunia” adalah salah satu ungkapan yang tak lekang sepanjang zaman. Bagaimana tidak, dalam buku tersaji beragam informasi-informasi. Akan sangat disayangkan apabila seorang pelajar dan mahasiswa malas untuk membaca buku. Zaman sekarang pula, banyak penulis-penulis muda yang menulis buku dengan gaya yang bertutur yang informatif, sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti isi buku tersebut.
    Mengungkap 5 Alasan di Balik Pentingnya Membaca Buku
  1. Menstimulasi Kemampuan Otak
    Alasan nomor 3 di balik pentingnya membaca buku adalah, dengan membaca buku maka kemampuan otak akan terstimulasi. Pasalnya, dengan membaca buku membuat otak kita tetap aktif dan beraksi untuk tetap melakukan fungsinya dalam koridor yang benar. Membaca buku salah satu cara paling mudah untuk membuat otak terstimulasi, bahkan dengan membaca buku juga bisa mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan juga mencegah kepikunan di usia lanjut.
  1. Memperbanyak Kosakata
    Lalu, alasan selanjutnya di balik pentingnya membaca buku adalah, dengan memperbanyak membaca buku, maka kosakata yang kamu punya akan bertambah. Apa korelasinya? Semakin banyak kamu membaca, maka semakin sering kamu untuk mendengar kata-kata maupun kalimat-kalimat yang sama. Kemudian, ada saatnya kamu mengetahui kosakata baru, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya. Dengan memiliki banyak kosakata, ini akan sangat memudahkanmu, khususnya untuk mahasiswa untuk percaya diri menulis skripsi, berbicara di depan umum saat sedang berorganisasi, ataupun saat menyampaikan suatu gagasan ketika proses belajar di kelas.
    Mengungkap 5 Alasan di Balik Pentingnya Membaca Buku
  1. Melatih Kemampuan Menulis
    Dengan membaca, otomatis maka kamu juga akan terlatih kemampuan menulis. Pasalnya adalah dengan seringnya membaca, maka kamu sudah tahu tata cara penulisan yang baik yang benar, baik tentang tanda baca, Ejaan yang Disempurnakan (EYD), kata hubung, dan lain sebagainya. Juga, dengan banyak membaca buku, maka kamu juga akan terlatih bagaimana menyusun kata yang benar. Ini akan sangat berguna, bagi mahasiswa untuk membuat tugas berupa makalah, laporan penelitian, ataupun dalam menulis skripsi.

***

Semoga dengan mengetahui manfaat-manfaat dari membaca buku seperti yang dituliskan di atas, dapat memacu semangat para mahasiswa EBS yang kelak akan menjadi generasi emas yang unggul di masa depan yang sesuai dengan visi EBS ke depannya untuk menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia, untuk selalu giat membaca buku. Karena manfaat membaca buku banyak sekali dan akan sangat disayangkan apabila di masa muda ini, tidak disempatkan untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya ilmu dari buku.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi

Leave a Reply

Paste your AdWords Remarketing code here
WhatsApp chat