Mengetahui Lebih Banyak Ilmu “Transformational Human Capital in 4.0 Era” dalam Kuliah Umum di EBS

Menggali Lebih Dalam Wawasan tentang "Transformational Human Capital in 4.0 Era" dalam Kuliah Umum di EBS

Mengetahui Lebih Banyak Ilmu “Transformational Human Capital in 4.0 Era” dalam Kuliah Umum di EBS

ESQ Business School – Perubahan dunia saat ini semakin kompleks. Kita hidup  di era sekarang, di mana semua pekerjaan manusia bisa dengan mudah digantikan oleh bantuan mesin. Perkembangan dan inovasi yang begitu cepat dihampir setiap aspek, membuat bisnis hari ini memasuki era VUCA di mana dunia bisnis saat ini sangat mudah mengalami keadaan yang penuh gejolak (Volatility), tidak pasti (Uncertainty), rumit (Complexity), dan serba kabur (Ambiguity). Zaman sekarang disebut juga sebagai zaman digitalisasi yang artinya adalah penggunaan teknologi yang sudah semakin canggih mencakup semua aspek kehidupan.

Selaras dengan hal tersebut, pada hari Rabu (23/10/2019) diselenggarakanlah kegiatan Kuliah Umum bagi para mahasiswa ESQ Business School (EBS) yang bertempat di Lantai 18, Ruang Auditorium Prof.Ir.Surna Tjahja Djadjadiningrat. Kegiatan kuliah umum dengan tema “Transformational Human Capital in 4.0 Era.” ini menghadirkan pembicara yakni Bapak DR.Alex Denni, beliau adalah Direktur Human Capital PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang berlangsung mulai pukul 09.00-11.30 WIB. Turut hadir dalam kegaiatan ini yakni Bapak DR.(HC) Ary Ginanjar Agustian selaku Founder dari ESQ Business School dan Ketua ESQ Business School, yakni Dwitya Agustina, S.T.,M.B.A.

Bapak Alex—demikian biasa beliau disapa mengatakan bahwa di zaman sekarang pentingnya bagi kita untuk melakukan inovasi serta kompetensi dalam pekerjaan kita, karena jika tidak kita akan terlindas oleh perubahan zaman yang serba terdigitalisasi ini. Namun, walaupun dunia teknologi saat ini sudah semakin cepat dan hebat, tetap sebagai manusia kita harus memiliki karakter yang baik. Karena dengan karakter itulah yang akan membawa kita kepada kesuksesan atau justru akan menghancurkan kehidupan kita.

Menggali Lebih Dalam Wawasan tentang "Transformational Human Capital in 4.0 Era" dalam Kuliah Umum di EBS

Menggali Lebih Dalam Wawasan tentang "Transformational Human Capital in 4.0 Era" dalam Kuliah Umum di EBSMenurutnya pula, kita sebagai manusia untuk menghadapi era industri 4.0 ini harus rajin untuk mengupgrade ilmu, rajin untuk mengembangkan diri dengan seringnya belajar, membaca buku, ikut seminar, dan pelatihan. Mencari ilmu tak hanya sebatas yang berkorelasi dengan pekerjaan saja, tapi juga boleh mencari ilmu lain yang bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.

Lebih lanjut, Pak Alex juga mengatakan bahwa perusahaan di zaman sekarang akan merekrut karyawan baru yang mempunyai kompetensi seperti: Critical Thinking, Problem Solving, dan Creative. Bukan zamannya lagi apabila perusahaan merekrut karyawan hanya bermodal Ijazah dan Kampus tempat dia menimba ilmu. “Jadi, perbanyak belajar. Kelak kalianlah generasi muda yang akan membawa perubahan. Serta berpikirlah untuk selalu menjadi orang yang kreatif serta memiliki jiwa untuk terus berinovasi. Jangan sampai kita dilindas oleh perubahan zaman dan kecanggihan teknologi.” Tutur Bapak DR.Alex Denni.

Menggali Lebih Dalam Wawasan tentang "Transformational Human Capital in 4.0 Era" dalam Kuliah Umum di EBS

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi