Mengenal Lebih Dekat ”The EBS Way,” Kurikulum EBS Berbasis Pendidikan Karakter

Mengenal Lebih Dekat ”The EBS Way," Kurikulum EBS Berbasis Pendidikan Karakter

Mengenal Lebih Dekat ”The EBS Way,” Kurikulum EBS Berbasis Pendidikan Karakter

ESQ Business School – Masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh generasi muda yang saat ini sedang tumbuh. Pemuda (saat ini) adalah pemimpin masa depan, oleh karena itu pendidikan karakter bagi generasi muda menjadi sangat penting dan harus terus menerus dilakukan oleh semua pihak demi harapan dan masa depan bangsa Indonesia. Pendidikan karakter harus ditanamkan, tak hanya di bangku sekolah saja, tapi juga di bangku kuliah. Karena mahasiswa adalah sebagai “agent of change” yang turut berperan penting memajukan sebuah negara.

Kita bisa melihat bagaimana kondisi masyarakat di era sekarang ini. Betapa pengangguran terus meningkat. Narkoba yang semakin banyak merasuk di sendi-sendi kehidupan masyarakat, tak ketinggalan pula pergaulan bebas yang banyak menjerat kaum muda yang seolah sudah menjadi gaya hidup. Belum lagi, kita bisa melihat di sekeliling kita. para pelajar terbiasa dengan tawuran, sehingga depresi hidup membuat bunuh diri menjadi solusi. Tak ketinggalan korupsi tak kunjung pulih menjangkiti negeri ini.

Selaras dengan hal tersebut pula yang membuat kampus ESQ Business School ini berbeda, kampus bisnis yang berbasis pendidikan karakter pertama di indonesia ini memiliki keunggulan khusus dalam membangun manusia paripurna. ESQ Business School (EBS) menyiapkan sebuah model yang kami sebut The EBS WAY. The EBS WAY adalah kurikulum berbasis pendidikan karakter yang diterapkan di ESQ Business School. Ibarat Sebuah rumah yang sempurna memiliki pondasi, tiang dan atap

Di ESQ Business School, yang menjadi pondasi adalah spirit “Always Number One dengan nilai-nilai 165″. Nilai-nilai yang bersumber dari Ihsan, Iman dan Islam. Selain itu pondasi ini berdasarkan atas keyakinan (belief) terhadap agama dan berjiwa membela negara, nasionalisme. Selanjutnya yang menjadi tiangnya adalah values, nilai-nilai yang membentu karakter, sikap dan perilaku. Setelah Belief dan Values, pondasi dan tiangnya berdiri, di atasnya kita bangun atap. Dan yang menjadi atapnya adalah kompetensi. Kompetensi ini adalah kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan karya.

Agar menjadi manusia yang paripurna, EBS perlu menyiapkan pondasi, tiang dan atap. Pondasi yang kita bangun adalah Belief, tiangnya adalah Values dan atapnya adalah Competency, sehingga ke depannya menjadikan EBS sebagai Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi