Mengenal Lebih Dekat “Metode SKI,” Rahasia Juara para Mahasiswa EBS

Mengenal Lebih Dekat “Metode SKI,” Rahasia Sukses para Mahasiswa EBS

Mengenal Lebih Dekat “Metode SKI,” Rahasia Juara para Mahasiswa EBS

ESQ Business School –  Kesuksesan seseorang bukan hanya terletak dari kemampuan intelektual yang dimilikinya. Tidak akan ada artinya apabila kita pintar, memiliki wawasan yang luas tapi kita tidak memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang baik.

Untuk mewujudkan visinya menjadi sekolah bisnis terbaik di indonesiaESQ Business School (EBS) selain mengajarkan mata kuliah pendidikan karakter bagi para mahasiswanya, EBS juga menerapkan salah satu metode keunggulannya yaitu Metode SKI

Apa itu Metode SKI? Metode SKI adalah Spiritual, Kreativitas, dan Intelektualitas, yaitu sebuah konsep yang menerapkan Why, How dan What. Di awal perkuliahan penjelasan mengenai konsep Why (mengapa) nya dari metode SKI di berikan kepada mahasiswa. Di awali dengan pertanyaan kepada mereka alasan kenapa mereka belajar matakuliah ini.

Dengan pertanyaan itu adalah cara untuk mengetahui pengetahuan atau arah jurusan yang mereka telah ambil sesuai dengan cita-cita mereka atau sesuai dengan passion mereka, mereka mengambil mata kuliah bukan hanya sekadar ikut-ikutan. Kemudian dari alasan-alasan mereka, kita jelaskan dan berikan arahan.

Kemudian konsep How (bagaimana), yaitu memberikan penjelasan bagaima mata kuliah terebut dapat diimplementasikan dengan baik dalam dunia pendidikan maupun dalam dunia industri yang mempunyai nilai guna yang positif pada manusia. Dengan kombinasi teknik pengajaran yaitu dengan visualisasi hal tersebut membawa mahasiswa ESQ Business School akan lebih memaknai dari sekedar mencari sebuah nilai.

Di akhir metode SKI yaitu,  konsep What (apa), yaitu contoh bentuk dari hasil pemikiran dan pembelajaran mahasiswa EBS yang diimplementasi dalam tugas tugas serta projek-projek yang memiliki nilai guna kepada masyarakat.

Alhamdulillah Selama 6 tahun terakhir, Sejak pertama kali kampus EBS ini didirikan di tahun 2012, EBS telah banyak menorehkan prestasi gemilang dari para mahasiswanya. Para mahasiswa EBS dari berbagai program studi mulai dari manajemen bisnis, sistem informasi, dan ilmu komputer banyak yang memberikan kontribusinya untuk menjuarai perlombaan di dalam negeri serta banyak pula yang berpartisipasi dalam perhelatan di tingkat Internasional.

Kemenangan para mahasiswa EBS di berbagai ajang perlombaan yang mereka ikuti ini sejatinya adalah proses panjang yang telah dibangun pondasinya oleh Pendiri EBS, Bapak DR (HC) Ary Ginanjar Agustian dengan konsep “The EBS Way” yang menekankan bahwa “Pendidikan hendaknya memberikan perhatian yang utuh kepada semua dimensi peserta didik yaitu dimensi spiritual, emosional, dan intelektual serta pengajaran dengan metode SKI ini.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi