Mengenal Lebih Dekat “Kopi Tuli,” Kafe Kopi yang Berdayakan Komunitas Teman Tuli

Mengenal Lebih Dekat “Kopi Tuli,” Kafe Kopi yang Berdayakan Komunitas Tuna Rungu

Mengenal Lebih Dekat “Kopi Tuli,” Kafe Kopi yang Berdayakan Komunitas Teman Tuli

ESQ Business School – Siapa bilang keterbatasan menghalangi untuk maju? Justru selalu ada kekuatan yang muncul di balik keterbatasan. Sekarang ini kita bisa melihat, banyak sekali orang sukses lahir dari keterbatasan mereka. Baik keterbatasan fisik, keterbatasan keuangan, keterbatasan IQ atau pun keterbatasan lainnya. Namun nyatanya, mereka mampu mengolah keterbatasan mereka menjadi kekuatan yang luar biasa sehingga akhirnya bisa menjadi orang sukses yang lahir dari kondisi keterbatasan.

Berangkat dari hal tersebut Itulah yang menginspirasi tiga orang teman tuli membangun sebuah bisnis bersama berupa kafe kopi. “Kopi Tuli” begitulah nama kafe mereka. Pertama kali kafe ini didirikan di Krukut Depok oleh Putri Sampaghita Santoso, Adhika Prakoso, dan Trierwinsyah. Serta dilanjutkan oleh Tika, alumni ESQ Business School (EBS) dari angkatan ke-2 yang diajak bekerjasama dengan kakaknya, Iman G. Permana, terpanggil untuk mengembangkannya ke Jakarta Selatan.

Mengenal Lebih Dekat “Kopi Tuli,” Kafe Kopi yang Berdayakan Komunitas Tuna RunguAdhika Prakoso mengatakan dalam akun Instagram @maujadiapa_id bahwa awal mula dia mendirikan Kopi Tuli ini adalah, sebelum mendirikan kafe ini, ia ingin bekerja kantoran sebagai Design Graphics, tapi karena masyarakat Indonesia yang belum ramah disabilitas, cita-cita untuk menjadi Design Graphics itu gugur karena dirinya tuli. “Menurut saya, jadi pengusaha itu lebih fleksibel dan bisa lebih mandiri. Bahkan dari situlah, InsyaAllah saya bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk disabilitas lain, maka dari itu, saya berubah ingin menjadi pengusaha atau lebih tepatnya menjadi seorang “Difableprenenur” Tutur Adhika Prakoso.

Sebagai pengelola, Tika bersama yang lainnya yang tergabung dalam komunitas teman tuli, memberdayakan orang-orang yang terbatas dalam pendengaran, untuk menjadi orang-orang yang produktif sebagai tim kerja. Ternyata, Kafe “Kopi Tuli” ini menjadi tempat yang asyik bagi para teman tuli dan kalangan umum untuk berkumpul.

Menu kopi yang ditawarkan di Kafe “Kopi Tuli” ini pun beragam varian rasa serta mempunyai nama yang unik didengar. Seperti: Kosu Koso, Kosu Siput, Kosu Wings, Kopi Awan, Daun Susu, Laut Biru, dan masih banyak yang lainnya. Untuk kopi-kopi yang diracik langsung oleh pendiri “Kopi Tuli” ini adalah: Kosu Koso yang diracik oleh Adhika Prakoso, Kosu Wings yang diracik oleh Tri Erwinsyah, dan Kosu Siput yang diracik oleh Putri Sampaghita Santoso

Ingin mencoba sensasi minum kopi di “Kopi Tuli?” silahkan datang dan nikmati langsung! Alamatnya ada di Kindo Square Jl. Duren Tiga Raya No.101 Blok A9,Pancoran, Jakarta Selatan.

Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia, Kampus Bisnis Terbaik di Indonesia

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi