Mengenal Lebih Dekat Keagungan dari Masjid Ar Rahim, Salah Satu Masjid Tertinggi di Dunia yang Ada di Jakarta

Mengenal Lebih Dekat Keagungan dari Masjid Ar Rahim, Salah Satu Masjid Tertinggi di Dunia yang Ada di Jakarta

Mengenal Lebih Dekat Keagungan dari Masjid Ar Rahim, Salah Satu Masjid Tertinggi di Dunia yang Ada di Jakarta

ESQ Business School – Negara Indonesia merupakan “rumah” bagi lebih dari 270.000 masjid, yang menjadikan Negara Indonesia sebagai Negara yang berpenduduk mayoritas beragama islam dengan jumlah masjid terbanyak di dunia. Di Indonesia sendiri, masjid tersebar dari daerah perkotaan sampai daerah pedesaan.

Di Gedung Menara 165 yang terletak di Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan yang juga merupakan tempat berdirinya ESQ Business School (EBS), terdapat sebuah masjid yang berada di lantai 27 atau berada di puncak Menara 165 tersebut. Masjid itu diberi nama, Masjid Ar Rahim. Tempatnya yang tinggi yang berada di rooftop Menara 165 ini, sepertinya tak salah kalau masjid ini ditahbiskan sebagai masjid tertinggi nomor dua di dunia. Nama resmi masjid adalah Ar Rahim, yang berarti “Maha Penyayang”. Akan halnya 165 adalah angka filosofis dari masih berada di Kawasan Gedung yang sama juga ESQ yang berasal dari 1 (ikhsan), 6 (rukun Iman), dan 5 (rukun Islam). Menara 165 selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 27 November 2011.

Masjid ini, juga kerap digunakan mahasiswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat. Menurut Muhammad Naim sebagai salah satu pengurus dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ar-Rahim bidang Ubuddiyah, dia mengatakan bahwa semua kegiatan di Masjid Ar-rahim di-handle oleh mahasiswa seperti: Shalat Jumat, Pembacaan Hadits, Kultum Dzuhur, dan Kajian Bulanan Shiroh. Adapula kegiatan harian  dan kajian yang dilakukan bersama-sama dengan masyarakat luar terutama dengan anak-anak, dan selain itu juga ada kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) yang bekerjasama dengan LDK Islamic Club ESQ Business School, seperti artikel yang ditulis sebelumnya.

Keunikan lain, atap masjid bertuliskan lafadz Allah yang cukup besar sehingga tampak dari kejauhan. Seperti artikel yang dilansir dari Kumparan.com bahwa, Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan pada bulan Februari lalu, mengunjungi Masjid Ar-Rahim ini, Beliau mengapresiasi bangunan masjid yang masih dalam proses pembangunan itu.  Menurut Beliau, masjid itu unik, tak seperti masjid kebanyakan yang biasanya berlokasi di basement gedung. Dan beliau juga menyampaikan harapannya bahwa, InsyaAllah Masjid ini menjadi salah satu landmark di Jakarta. Di dalam Masjid ini, untuk nenandai mihrab/kiblat, ditempatkan mimbar dan sajadah untuk sholat imam. Mimbar berupa miniatur masjid terbuat dari kayu dengan hiasan ukiran Jepara paduan bunga dan kaligrafi.

Walaupun terletak di lantai yang paling atas dari Gedung Menara 165, tak pernah menyurutkan langkah para mahasiswa EBS untuk naik ke lantai 27 ketika waktu shalat telah tiba. Mereka sangat antusias untuk shalat di masjid tertinggi nomor dua di dunia ini, hal ini selaras dengan visi dari ESQ Business School ke depannya yakni ingin menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia dengan melahirkan para generasi-generasi emas yang unggul di masa depan.

***

Catatan: foto headline diambil dari website https://plongsite.wordpress.com dengan edit dari penulis pribadi.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi

Leave a Reply

Paste your AdWords Remarketing code here
WhatsApp chat