Mengenal Lebih Dekat “Pandawa,” Sebuah Bisnis “Digital Printing” Milik Mahasiswa EBS 

Mengenal Lebih Dekat Bisnis "Pandawa," Sebuah Bisnis "Digital Printing" Milik Mahasiswa EBS 

Mengenal Lebih Dekat “Pandawa,” Sebuah Bisnis “Digital Printing” Milik Mahasiswa EBS

ESQ Business School – Zaman sekarang, kita bisa menjumpai anak-anak muda Indonesia yang mencoba peruntungannya dengan berbisnis. Kemajuan dunia teknologi internet yang semakin pesat memberikan kemudahan bagi para anak-anak muda untuk mempromosikan bisnisnya melalui sosial media. Kini, berbisnis di usia muda memang menjadi tren bagi generasi millennial. Karena memang, anak-anak muda zaman sekarang dituntut untuk mampu berinovasi dan berkreasi untuk siap menghadapi era VUCA (Volatillity, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity)

Berbisnis di usia muda juga tengah dijalani oleh salah seorang mahasiswa ESQ Business School (EBS), Ade Miftah Mubarok yang saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa angkatan ke-3 jurusan manajemen bisnis ini, menggeluti usaha di bidang digital printing yang diberi nama “Pandawa” yang saat ini juga, telah menjadi unit bisnis di ESQ Business School (EBS) yang mulai beroperasi di EBS pada tanggal 21 November 2018. Saat ini pula, “Putra Pandawa” menjadi “sahabat” bagi para mahasiswa dan mahasiswi EBS untuk membantu para mahasiswa dan para mahasiswi dalam urusan fotokopi, print, jilid, Scan,  membeli perlengkapan alat tulis. Sebelumnya, layanan fotokopi, print, jilid, Scan ini di-handle oleh bagian perpustakaan ESQ Business School.

Mengenal Lebih Dekat Bisnis "Putra Pandawa," Sebuah Bisnis "Digital Printing" Milik Mahasiswa EBS

Mengenal Lebih Dekat Bisnis "Putra Pandawa," Sebuah Bisnis "Digital Printing" Milik Mahasiswa EBS

Ade—sapaan dari Ade Miftah Mubarok berkata bahwa awal mulanya ia mendirikan bisnis digital printing ini adalah “Pandawa” didirikan pada tahun 1990 oleh lima kakak beradik yang dipelopori oleh Masrochi, usaha keluarga yang bermula dari fotocopy. Pada awal pendiriannya hanya mengontrak tempat sebagai tempat usaha dan hanya memiliki dua mesin yaitu, mesin fotokopi dan mesin jilid. Kemudian berkembang diusaha Digital Printing sampai memiliki gedung sendiri sebagai tempat usaha, bahkan sekarang “Pandawa” sudah memiliki satu toko cabang yang terletak di Jalan Margonda Raya Depok.

Mengenal Lebih Dekat Bisnis "Pandawa," Sebuah Bisnis "Digital Printing" Milik Mahasiswa EBS Nama “Pandawa” berasal dari lima orang bersaudara perintis usaha ini, yang juga menggambarkan lima tokoh pewayangan dalam Budaya Jawa. “Pandawa Digital Printing” buka setiap hari non stop 24 jam, gedung copy center yang beralamat di jalan Margonda Raya No. 397 A dan 419, kota Depok. Masrochi Bin Solichin selaku pemilik “Pandawa digital printing”, beliau telah melakukan promosi besar-besaran kepada semua calon konsumennya, pada tahun 2003 “Pandawa” resmi menjadi badan usaha yang memiliki badan hukum yaitu CV. Pada bulan januari 2003 logo Pandawa resmi menjadi hak paten dari Departemen Hukum dan HAM.

Lebih lanjut, Ade juga mengatakan bahwa Saat ini “Pandawa” telah membuka 1 cabang  yang dinamakan Mitra yang berlokasi dekat stasiun pondok cina Depok dan berdekatan dengan Pandawa, dan 1 anak perusahaan dengan nama “Putra Pandawa” yang berlokasi di menara 165 ESQ Bisnis School lantai 19. Lalu, Ade juga mengatakan bahwa keunggulannya adalah “Pandawa” buka 24 jam non stop setiap hari, dengan harga yang terjangkau dan kualitas mampu bersaing. Selain itu sebagai jasa penyedia copy dan digital printing “Pandawa” dapat melayani konsumennya dengan cepat dan bisa ditunggu melalui offline maupun online. Siap menerima orderan lewat online yg diwadahi dengan website “Pandawa.”

Ade yang juga sebagai owner dari “Pandawa” ini mengatakan harapannya bagi para mahasiswa dan para mahasiswa EBS yang ingin terjun ke dunia bisnis seperti dirinya yakni, fokus pada satu titik tujuan kita, tingkatkan kemampuan yang di mana teman teman suka akan hal itu. Terus belajar dan menjalin hubungan kepada siapapun karena kesempatan yang akan datang kita tidak akan tahu kapan, dimana, dan dengan siapa nantinya, ohiya satu lagi berusaha dibarengi dengan tawakal kalo tawakal saja tanpa berusaha sama saja bohong begitu juga sebaliknya. Semoga dengan ulasan artikel ini, dapat memberikan semangat dan inspirasi bagi para mahasiswa ataupun lulusan EBS untuk yang akan terjun ke dunia bisnis, agar semakin banyak anak-anak muda yang berkarya dan berinovasi. Hal ini selaras juga dengan visi EBS ke depannya untuk menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi