Menemukan Inspirasi Al Quran bagi Generasi Milenial dalam Kuliah Umum di EBS

Menemukan Inspirasi Al Quran bagi Generasi Milenial dalam Kuliah Umum di EBS

Menemukan Inspirasi Al Quran bagi Generasi Milenial dalam Kuliah Umum di EBS

ESQ Business School – Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang berlaku sepanjang zaman dan telah teruji kebenarannya. Diturunkan oleh Dzat Yang Mulia kepada Rasul-Nya yang mulia pula. Tidak ada yang bisa menggantikan kedudukannya dari diutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia hingga akhir zaman. Hal-hal yang terjadi di masa sekarang dan yang terjadi di masa akan datang bahkan yang terjadi sebelum diturunkannya Al-quran sudah tertulis di dalam Al Quran.

Jika kita berpegang teguh kepada Al Quran, maka selamatlah kita dalam mengarungi kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat. Begitu juga dalam kehidupan generasi milenial yang penuh dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, jika generasi mudanya sangat jauh dengan Al Quran maka dapat dipastikan bahwa teknologi yang mereka banggakan dapat menjadi penghancur masa depan mereka. Kehancuran sebuah bangsa terkait dengan karakternya, seperti: tawuran, narkoba, pergaulan bebas, dll.

Senada dengan hal tersebut, pada hari Senin (21/10/2019) yang dimulai pukul 07.30-09.30 WIB yang bertempat di Lantai 18 Ruang Auditorium Prof.Ir.Surna Tjahja Djadjadiningrat ESQ Business School (EBS) diselenggarakanlah acara Kuliah Umum yang bertajuk “Menemukan Inspirasi dan Motivasi Al-quran untuk generasi Milenial,” yang dibawakan langsung Seorang Motivator dan Penulis Buku, yakni Bapak Ustadz  Dr. Saiful Falah, M.Pd.I. Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa EBS dari berbagai angkatan serta dimoderatori oleh Muhammad Naim, Mahasiswa EBS Semester 7.

Ustadz Saiful—begitu biasa beliau disapa, memberikan motivasi bagi para mahasiswa EBS untuk senantiasa mencintai Al Quran, senantiasa meluangkan waktu untuk membaca Al Quran, dan mengamalkan ayat-ayat Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Al Quran itu adalah Firman dari Allah SWT langsung yang diturunkan sesuai dengan keadaaan (kontekstual) yang artinya adalah sesuai dengan apa yang terjadi ketika itu. Maka dari itu, setiap kata demi kata dalam Al Quran mengandung makna, oleh karena itu penting bagi kita untuk tak sekadar membaca Al Quran dengan huruf arabnya saja, tapi juga penting bagi kita untuk baca dengan terjemahnya.

Menemukan Inspirasi Al Quran bagi Generasi Milenial dalam Kuliah Umum di EBS

Menemukan Inspirasi Al Quran bagi Generasi Milenial dalam Kuliah Umum di EBSLebih lanjut, Ustadz Syaiful juga berkata Generasi muda adalah aset suatu bangsa, sehingga harus dijaga dan dirawat dengan baik, mengingat generasi muda sangatlah rentan terhadap derasnya arus modernisasi saat ini. Jika kita lihat melalui konteks keislaman, tentu Islam sudah menaruh perhatian yang sangat besar terhadap generasi muda. Kita lihat pada zaman dahulu banyak pemuda muslim yang tampil dengan keberanian dan kegagahannya untuk berjihad di medan perang. Inilah pemuda yang diharapkan Islam.

Bukan hanya sekedar mengikuti arus perkembangan zaman, namun juga mampu bersaing melawan zaman itu sendiri agar hidupnya tidak mudah goyah dan tetap berpegang teguh kepada Al Quran. Alquran melarang jika meninggalkan generasi yang lemah, hal ini seperti yang termaktub dalam Al Quran surah an-Nisa ayat 9 sebagai berikut.

Artinya: Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

Oleh karena itu, kunci kesuksesan kita dalam menimba ilmu, dalam berbisnis, atau dalam mengerjakan pekerjaan lain adalah dengan senantiasa membaca serta mengamalkan Al Quran. Karena Al Quran adalah pedoman hidup bagi kita.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi