Meneladani Ki Hajar Dewantara

By May 2, 2014Artikel, Berita

hardiknas2 copy

 

Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh yang meletakkan tonggak pendidikan di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan dibentuk Taman Siswa pada tahun 1922 oleh Ki hajar. Upaya Ki Hajar membangun pendidikan di Indonesia  melalui semboyan Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Sampai saat ini Semboyan yangdirumuskan oleh Ki Hajar Dewantara tersebut merupakan landasan dunia pendidikan di Indonesia .

Menengok kembali Arti dari semboyan yang dirumuskan oleh Ki hajar Dewantara, yang di era glogal ini seakan teerlupakan. Tut wuri handayani berarti dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan, ing madya mangun karsa  memiliki arti  di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide, dan ing ngarsa sung tulada yaitu di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik. Itulah semboyan yang kita seakan  lupa makna sesungguhnya dari semboyan ini, padahal semboyan ini merupakan ciri karakter pendidikan Indonesia.

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional ini, Kiprah dan perjuangan Ki Hajar Dewantara patut jadi panutan dan motivasi buat kita. Bangsa ini perlu mewarisi buah pemikirannya tentang tujuan pendidikan yaitu memajukan bangsa secara keseluruhan tanpa membeda-bedakan agama, etnis, suku, budaya, adat, kebiasaan, status ekonomi, status sosial, dan sebagainya, serta harus didasarkan kepada nilai-nilai kemerdekaan yang asasi.

Mari kita tanamkan semangat untuk menuntut ilmu. Tidak hanya hanya memaknai pendidikan hanya sebagai sebuah formalitas untuk memperoleh gelar, ijazah, atau pekerjaan. Tetapi juga sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas diri (individu) agar bangsa ini memiliki sumber daya manusia yang unggul. Dengan kulitas SDM Indonesia yang unggul maka dapat memajukan bangsa ini agar dapat bersaing dengan bangsa lain dalam era global.

selamat hari pendidikan nasional 2014

Dapatkan Tiket Seminar Eksklusif Bulan November "GREAT PARENTING"

"Mendidik Karakter dengan Karakter" di ESQ Business School.

Free investasi bagi Ayah/Bunda yang memiliki anak kelas 12 SMA/SMK. Rabu, 22 November 2017 (09 - 12)

irwanesq

Author irwanesq

More posts by irwanesq

Leave a Reply