Para Mahasiswa dan Mahasiswi EBS Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat di Bulan Ramadan dalam Acara Kuliah Umum bersama Dr. Ahmad Faris BQ, Lc.,M.Si 

Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat di Bulan Ramadan dengan Acara Kuliah Umum bersama Dr. Ahmad Faris BQ, Lc.,M.Si di ESQ Business School

Para Mahasiswa dan Mahasiswi EBS Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat di Bulan Ramadan dalam Acara Kuliah Umum bersama Dr. Ahmad Faris BQ, Lc.,M.Si

ESQ Business School – Bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan kehadiarannya oleh semua umat islam di seluruh penjuru dunia. Karena di bulan ini, adalah bulan yang paling tepat untuk meningkatkan ketakwaan kita sebagai Hamba-Nya. Kita diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh di bulan ini. Di bulan ini pula, segala amalan ibadah yang dilakukan seseorang akan Allah SWT lipat gandakan. Bulan Ramadan memang betul-betul bulan yang penuh keberkahan, rahmat, serta ampunan dari Allah SWT. Untuk itu, momentum bulan Ramadan ini adalah momentum yang tepat untuk berbenah, mengevaluasi diri agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Agar karakter kita semakin baik dari hari ke hari.

Untuk meningkatkan keimanan serta pemahaman mengenai bulan Ramadan, pada hari ini (09/05/2019), ESQ Business School (EBS) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “ ‘Kampus Ramadhan’ untuk Menempa Pribadi yang Berkarakter.” Yang dibawakan oleh Dr. Ahmad Faris BQ, Lc.,M.Si  yang merupakan seorang Penulis sekaligus inspirator muda. Ada pun buku karya beliau antara lain “New Package of Happiness,” “Life is Miracles,” “Letters from Turkey,” dan “Iman Path.” Acara kuliah umum ini dimulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 10.00 WIB dan bertempat di Auditorium Prof.Ir.Surna Tjahja Djadjadiningrat Lantai 18, ESQ Business School serta dihadiri oleh para mahasiswa dan mahasiswi EBS.

Para Mahasiswa dan Mahasiswi EBS Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat di Bulan Ramadan dalam Acara Kuliah Umum bersama Dr. Ahmad Faris BQ, Lc.,M.Si 

Dalam materinya Dr. Ahmad Faris BQ, Lc.,M.Si  berkata bahwa, hendaknya umat islam dapat memaksimalkan waktu di bulan Ramadan ini yang caranya adalah dengan memperbanyak amal shalih, seperti: memperbanyak shalat sunnah, memperbanyak membaca alquran, memperbanyak sedekah, infak, saling tolong menolong kepada sesama, dan hal-hal lainnya yang mendatangkan keridhaan Allah SWT. Jangan sampai kita merugi, diberikan umur panjang oleh Allah SWT untuk bertemu dengan bulan Ramadan di tahun ini, lalu bulan Ramadan ini dibiarkan berlalu begitu saja.

Tujuan akhir dari puasa Ramadan yang Allah SWT perintahkan bagi orang-orang yang beriman adalah agar menjadi hamba-Nya yang bertakwa. Jika mengaku diri ini beriman kepada Allah SWT maka tidak ada rasa malas dan rasa enggan untuk berpuasa Ramadan. Menurut Dr. Ahmad Faris BQ, Lc.,M.Si  , ada 5 nutrisi keimanan:

  1. Kesabaran
    Ketika fase hidup kita tengah berada di bawah, jangan buru-buru berburuk sangka pada Allah SWT. Karena apa yang menurut kita baik belum tentu baik di mata Allah SWT dan apa yang menurut kita buruk, belum tentu buruk di mata Allah SWT. Jadi kesabaran adalah kunci untuk bisa bertahan dalam kehidupan.
  1. Syukur kepada Allah SWT
    Segala yang terjadi dalam hidup ini, haruslah kita maknai dengan penuh rasa syukur. Karena Allah berfirman dalam surah Ibrahim ayat 7 yang artinya, “Barangsiapa yang bersyukur kepadaku, maka akan aku tambah nikmatku kepadamu. Dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya adzabku sangat pedih.”
  1. Senantiasa mempunyai Harapan
    Manusia hanya boleh berharap kepada Allah SWT. Tidak boleh menggantungkan harapan kepada makhluk, karena berharap kepada makhluk sudah pasti akan berujung kekecewaan. Berharaplah yang baik-baik dalam hidup ini kepada Allah SWT, seperti berharap Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita walau dosa-dosa kita sangat banyak jumlahnya.
  1. Senantiasa Mempunyai Rasa Takut pada Allah
    Sesungguhnya rasa takut adalah sebuah bentuk kasih sayang Allah SWT pada Hamba-Nya agar Hamba-Nya tidak berbuat kehinaan dan kemaksiatan.
  1. Rasa Diawasi oleh Allah SWT
    Jika diri ini mengaku sebagai orang yang beriman, maka dia akan mengerjakan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan Allah SWT. Contohnya puasa Ramadan. Sesungguhnya yang tahu seseorang itu sedang berpuasa atau tidak hanya Allah SWT dan dirinya saja. Orang yang beriman akan senantiasa takut jika dia melakukan dosa, karena merasa dirinya setiap saat diawasi oleh Allah SWT.

***

Semoga dengan diadakannya kuliah umum di bulan Ramadan ini, dapat memperkokoh keimanan para mahasiswa dan mahasiswi ESQ Business School, sehingga ke depannya mereka menjadi generasi emas yang unggul sesuai dengan visi ESQ Business School ke depannya yakni menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi