Mempelajari Design Thinking Secara Intensif dengan “Workshop Series: Design Sprint”

Mempelajari Design Thinking Secara Intensif dengan “Workshop Series: Design Sprint”

ESQ Business School – Saat ini seiring dengan teknologi yang kian berkembang dengan pesat, ilmu-ilmu pengetahuan juga semakin beragam untuk dipelajari. Sebagai mahasiswa, jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang telah didapat, karena sebagai manusia harus selalu meningkatkan kualitas diri dengan belajar.

Untuk itulah Innovator Program dan Unit Kegiatan Mahasiswa “Golden Techno” ESQ Business School (EBS) mengadakan Workshop “Design Sprint.” Design Sprint adalah proses 5 hari untuk menjawab masalah yang kritis melalui desain, pembuatan prototipe dan ujicoba dari ide terhadap pelanggan. Design Sprint merupakan proses Design Thinking yang dimodifikasi oleh Google. Design Sprint ini dibuat oleh Jake Knapp dari Google Venture pada tahun 2010 dan kini banyak sekali dipakai oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia.

Acara Workshop “Design Sprint” ini diisi oleh alumni EBS yang saat ini berprofesi sebagai “Sprint Master” di perusahaan SPRINTHINK, Yakni Muhammad Agiet Putra. Acara ini perdana diselenggarakan pada Sabtu (02/11/2019) dan rencananya akan terus berlanjut pada setiap hari Sabtu sampai dengan tanggal 30 November 2019.

Mempelajari Design Thinking Secara Intensif dengan "Workshop Series: Design Sprint"Adapun yang menjadi peserta dalam acara ini adalah mahasiswa program studi Sistem Informasi, mahasiswa program studi Ilmu Komputer, mahasiswa dari kampus lain, beberapa siswa dari Sekolah Menengah Atas, dan beberapa orang professional (pekerja). Semua yang hadir sangat semangat dan antusias dalam mengikuti workshop “Design Sprint” ini.

Mempelajari Design Thinking Secara Intensif dengan "Workshop Series: Design Sprint"

Mempelajari Design Thinking Secara Intensif dengan "Workshop Series: Design Sprint"Seperti yang dilansir dalam website dewaweb, Pertanyaan yang kerap kali muncul soal Design Sprint adalah, kapan sebenarnya Design Sprint perlu digunakan? Sebenarnya, jawabannya adalah setiap saat ketika kalian atau perusahaan kalian sedang dalam proses mendesain seperti berikut:

  1. Di awal proyek bisnis. Penerapan Design Sprint dilakukan untuk menentukan apa yang ingin ditawarkan lewat produk Anda atau saat Anda ingin menciptakan suatu visi bersama.
  2. Bila Anda atau perusahaan Anda sedang mengalami kebuntuan atau hambatan bisnis.
  3. Bila teamwork Anda sedang butuh suntikan saat memproses pembangunan sesuatu agar cepat selesai sesuai target deadline.

Nantikan keseruan cerita dari Workshop “Design Sprint” di hari Sabtu berikutnya yang masih akan berlanjut sampai dengan tanggal 30 November 2019.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi