Memahami Seluk-beluk tentang “Laravel Programmer” dalam “Workshop Laravel for Beginner” di EBS

Memahami Seluk Beluk tentang "Laravel Programmer" dalam "Workshop Laravel for Beginner" di EBS

Memahami Seluk-beluk tentang “Laravel Programmer” dalam “Workshop Laravel for Beginner” di EBS

ESQ Business School – Dewasa ini kita bisa melihat kemajuan di bidang ilmu teknologi yang berkembang sangat pesat. Kemajuan ilmu teknologi merambah ke segala aspek manusia hingga masuk ke dalam perusahaan. Tak jarang kita bisa melihat profesi Programmer yang semakin bertambah di Tanah Air. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat beragam untuk bisa dipelajari. Salah satu ilmu di bidang teknologi yang menarik untuk dipelajari bagi generasi millennials adalah ilmu tentang Laravel.

Senada dengan hal tersebut, ESQ Business School (EBS) menyelenggarakan workshop pada Sabtu (19/01/2019) yang mengusung tema “Workshop Laravel for Beginner” yang bertempat di  Lab Multimedia Lantai 18, kampus ESQ Business School, Cilandak, Jakarta Selatan. Acara ini diisi dengan narasumber Naufal Rasyid yang merupakan mahasiswa EBS program studi Ilmu Komputer angkatan 6 dan acara ini pula dihadiri oleh beberapa siswa dan siswi dari Sekolah Menengah Kejuruan dan juga beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari kampus EBS dan dari kampus di luar EBS. “Workshop Laravel for Beginner” ini dibuka oleh Kepala Program Studi Ilmu Komputer, yakni Bapak Desta Sandya, S.Kom.,M.Kom

Memahami Seluk Beluk tentang "Laravel Programmer" dalam "Workshop Laravel for Beginner" di EBSSebelumnya, Laravel sendiri adalah framework PHP MVC yang dikembangkan oleh Taylor Otwell pada tahun 2011 dan sekarang telah mencapai versi 4.2. Bisa dikatakan bahwa banyak sekali fitur-fitur yang sangat membantu seseorang dalam Framework Laravel ini. Dan yang menarik adalah slogan dari Laravel “PHP THAT DOESN’T HURT. CODE HAPPY & ENJOY THE FRESH AIR.” Laravel ini sendiri juga menjadi Framework PHP yang sangat berkembang dengan dukungan komunitasnya yang besar. Profesi Programmer saat ini yang paling banyak dicari adalah Programmer PHP yang paham dengan Laravel ini. Bahkan sekarang perusahaan besar pun banyak yang memakai Laravel. Dikarenakan karena proses development, up to date, selalu improve dengan perkembangan zaman, maka ini menjadi ilmu yang sangat “Recommended” bagi para pemula yang ingin bisa belajar untuk membuat sistem website aplikasi dengan Laravel.

Naufal Rasyid—atau yang biasa disapa Rasyid yang sebelumnya pernah menjuarai ajang “I Techno Cup” di tahun 2018 ini mengatakan bahwa harapannya bagi para peserta workshop ini ke depannya adalah agar mereka bisa membuat website secara mandiri, karena penurut pengamatannya selama ini, tutorial membuat website di Youtube sebagain besar hanya copy-paste dari sana dan sini, tidak dijelaskan secara jelas dan detail. Untuk itulah dia ingin, ketika para peserta keluar dari ruangan setelah selesai workshop ini, agar bisa membuat website sendiri secara baik dan benar serta mereka juga bisa mencintai dunia coding.

Memahami Seluk Beluk tentang "Laravel Programmer" dalam "Workshop Laravel for Beginner" di EBS“Workshop Laravel for Beginner” yang disampaikan oleh Rasyid ini dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, karena tak hanya sekadar teori yang disampaikan oleh Rasyid, tapi juga ada praktiknya secara jelas. Workshop ini pun terbagi menjadi 4 sesi, yakni sesi pertama “Introduction Web & Laravel Installation,” sesi kedua diisi dengan “Login Auth with Laravel Migration,” sesi ketiga diisi dengan “Routing Seeder,” dan sesi terakhir diisi dengan “Blade CRUD Laravel.” Rasyid juga menjelaskan bahwa stuktur projek Laravel (Project Structure Laravel ini mencakup 3 hal, yaitu: Middleware (Backend Area’s), Views (Frontend Area’s), dan Migration and Seeder.

Memahami Seluk Beluk tentang "Laravel Programmer" dalam "Workshop Laravel for Beginner" di EBSSetelah acara berakhir beberapa peserta memberikan testimoninya terkait acara ini, mereka berkata sangat puas dengan terselenggaranya “Workshop Laravel for Beginner” ini dan ke depannya juga harapan mereka adalah bisa diselenggarakan workshop-workshop seperti ini dari Program Studi Ilmu Komputer ESQ Business School, agar ke depannya juga ESQ Business School dapat mewujudkan visinya untuk menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Jangan lewatkan Tes Gelombang 2 Program Studi Ilmu Komputer yang akan digelar pada Sabtu, 26 Januari 2019 di kampus ESQ Business School, Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan. Mari raih cita-citamu untuk menjadi pebisnis dan professional yang unggul di masa depan bersama ESQ Business School.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi