Mahasiswa ESQ BS Ikuti International Internship AIESEC di Slovakia

ESQ Business School, AIESECSeperti yang telah dilansir dalam artikel sebelumnya, 3 mahasiswa ESQ Business School menjadi perwakilan AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) Indonesia dalam melaksanakan program International Internship AIESEC di Slovakia dan Filpina. Bagaimanakah keseruannya?

Mereka adalah Radhi Hartono dan Nazlia Awlia, mahasiswa ESQ BS program studi Business Management semester 6 yang dilegasikan ke Slovakia pada 16 Januari – 6 Maret 2016. Dalam pelaksanaannya, Radhi dan Nazlia berada dalam kelompok terpisah karena sama-sama berasal dari Indonesia. Nazlia dikelompokkan dengan Phil yang berasal dari China, dan Radhi dengan Lucas dari Taiwan.

Di Slovakia, Radhi  dan Nazlia tinggal di asrama dalam University of Constantine The Philosopher. Selama di sana, mereka diberikan tugas mengajar para murid primary school (tingkat SMP SMA). “Kita di sana belajar culture, membuat games saat mengajar. Yang awalnya berniat mengajar mereka, malah saya yang belajar dari mereka,” jelas Nazlia.

Nazlia mengaku perjalanannya selama di Slovakia sangat berkesan. Tes seleksi ketat yang terdiri dari beberapa requirement seperti communication skill dan kemampuan membuat presentasi, sangat terbayar dengan pengalaman berharga yang tidak terlupakan. Sama dengan Radhi yang memiliki tujuan mengikuti proyek ini untuk belajar survive saat hidup jauh dari orang tua. “Semuanya di luar ekspektasi, murid-muridnya excited. Jadi bertambah banget pengalaman leadershipnya,” ucap Radhi.

Tujuan dari diikutsertakannya mahasiswa ESQ BS dalam program AIESEC ini yaitu membuat mahasiswa melihat secara global serta berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan di dunia luar. Hal ini sangat penting dalam meningkatkan leadership skill sebagai calon entrepreneur berkelas dunia.

TAGS: