ESQ Business School - Sekolah Bisnis Terbaik Di Indonesia - AIESEC Indonesia - Gilang Maulana

Mahasiswa EBS Wakili AIESEC Indonesia di Ukraina

ESQ Business School – Tahun 2017 menjadi lembaran baru bagi 8 mahasiswa di ESQ Business School. Keluar dari zona nyaman demi menjalani passion dan membawa perubahan positif, Ukraina menjadi salah satu negara tujuan yang dipilih 3 dari 8 mahasiswa ESQ Business School yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) AIESEC ESQ Business School. AIESEC EBS menjadi fasilitator bagi para mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri melalui program volunteer sosial di berbagai negara, salah satunya Ukraina.

 

Menjadi perwakilan dari tanah air Indonesia di negara Ukraina merupakan pengalaman tersendiri bagi Gilang Maulana Iwanusa, Muhammad Rifky Andisa Purnama, dan Nuriil Niswatun Nastaini Haris. Project bernama Feel Ukraine yang dipilih oleh 3 mahasiswa ESQ Business School ini mempunyai visi untuk mengenalkan keindahan budaya dan kota Ukraina. Berlangsung selama 6 minggu, project ini meliputi 4 kota yaitu Ivano Frankisvk, Chernivtsi, Dnipro, dan Kharkiv. Para mahasiswa tinggal selama 10 hari di tiap kota bersama penduduk asli Ukraina, untuk dapat mengenal budaya dari Ukraina lebih dalam.

 

Rifky, mahasiswa Sistem Informasi ESQ Business School semester 4 memiliki kesan tersendiri dalam mengikuti project Feel Ukraine. Iya menyukai project ini karena sesuai dengan hobinya yaitu fotografi dan travelling. Dari hobi tersebut ia ingin membawa suatu perubahan positif terhadap lingkungan sekitarnya dan memberikan pesan terhadap  dunia tentang keadaan di Ukraina.

 

“Feel Ukraine project yang bagus. Kita bisa tau apa yang ada di Ukraina, permasalahannya  gimana, dan di project ini kita berusaha buat menarik turis untuk datang ke Ukraina dengan cara kita mengenalkannya melalui foto, video, dan artikel,” tutur Rifky.

 

Berbeda dengan pengalaman yang dialami oleh Gilang yang juga mahasiswa Sistem Informasi ESQ Business School semester 8. Gilang mendapat kesempatan untuk diinterview oleh TV Ukraina terkait apa yang dilakukan di Ukraina dan kesan apa yang Gilang miliki terhadap Ukraina.

 

“I’m Gilang. I’m 20 years old from Indonesia. Feel Ukraine project is about to showcase to the world about what happen in Ukraine. Behind all of those bad stereotype, this country is like Hidden Treasure. It’s really amazing and the people is nice. and also I have a dream to Change The World with One Shutter Click. I want to change something here through my photo and video,” tutur Gilang saat diwawancarai TV Ukraina.

 

Gilang juga berkesempatan untuk bertemu dengan Walikota Chernivtsi. Dalam perbincangan bersama Walikota, Gilang menyampaikan kesannya terhadap kota Chernivtsi yang mirip dengan suasana kota di Italia karena arsitekturnya yang sangat menyenangkan untuk dilihat.

 

Dengan kegiatan ini, para mahasiswa ESQ Business School menghadapi banyak tantangan yang belum pernah mereka alami sebelumnya dan hal tersebut membantu meningkatkan  Solution Oriented terhadap masalah yang dihadapi, serta Self Aware terhadap lingkungan yang ditinggali. Project ini bukan semata-mata tentang travelling atau sekedar pengambilan gambar. Di balik itu, project ini membantu meningkatkan leadership dari tiap mahasiswa. Bukan hanya untuk pengembangan diri pribadi, tapi juga memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitarnya. Dalam kasus ini, negara Ukraina.