Mahasiswa Baru EBS Ikuti Kuliah Umum Sebagai Bekal Menjadi Generasi Emas

Mahasiswa Baru EBS Ikuti Kuliah Umum Sebagai Bekal Menjadi Generasi Emas

ESQ Business School – Maju atau tidaknya sebuah negara, sangat ditentukan oleh kualitas intelektual serta kualitas akhlak dari para generasi muda. Karena generasi muda adalah sebuah tonggak peradaban dan perubahan. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, tentu sangat berpotensi untuk terus membangun para generasi muda agar mereka bisa menjadi generasi emas di masa yang akan datang.

Hal ini, selaras dengan yang dilakukan oleh ESQ Business School (EBS), sebagai satu-satunya sekolah bisnis di Indonesia berbasis pendidikan karakter yang mendidik para mahasiswanya agar mampu mengelola bisnis secara profesional dan menguasai teknologi informasi sesuai perkembangan zaman serta mencetak para generasi emas yang taat beragama dan juga cinta kepada negara, pada hari ini (14/09/2018) EBS menyelenggarakan kuliah umum untuk para mahasiswa baru angkatan ke-6 sebagai bagian dari acara “Welcoming Week” di Ruang Auditorium Lantai 18 Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan. Acara ini dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. Sebanyak lebih dari 100 mahasiswa baru EBS mengikuti kegiatan ini.

Acara kuliah umum ini terbagi menjadi dua sesi materi dengan dua narasumber berbeda. Materi pertama adalah materi tentang “Wawasan Kebangsaan dan Pembangunan Karakter Pancasila” yang disampaikan oleh Letkol ARH Aji Prasetyo N, Dandim 0504/JS. Beliau memaparkan materi tentang pentingnya menjaga dan mempertahankan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman yang ada seperti: Narkotika dan Obat-obatan Terlarang (Narkoba), terorisme, serta dampak migrasi penduduk yang besar.

“Betapa banyak ancaman untuk negara kita ini, ingat, setinggi apapun cita-cita kalian, tidak akan bisa kalian gapai jika, negara Indonesia ini terjajah. Oleh karena itu penting bagi kalian untuk selalu turut serta mempertahankan dan menjaga negeri ini, di mana pun kalian berada nanti. Tetap cinta pada Indonesia, tetaplah mengharumkan nama Indonesia. Amalkan selalu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. NKRI harga mati!” Ujar Bapak Letkol ARH Aji Prasetyo N, Dandim 0504/JS.

Membentuk Karakter yang Sukses Berwirausaha

Setelah kuliah umum sesi pertama usai, pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan sesi kedua yang diisi oleh Pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) dari Trusmi Group yakni Bapak Ibnu Riyanto. Di sesi ini, Beliau menyampaikan materinya terkait bagaimana karakter-karakter yang harus dibangun jika ingin menjadi pelaku wirausaha yang sukses. Bapak Ibnu Riyanto berkata, bahwa ada 3 hal yang harus dimiliki dan harus terpatri dalam jiwa seseorang, yakni:

  1. Jaga Ucapan
    Di mana pun kita berada, jangan sampai terlontar ucapan yang tidak baik. Karena ucapan itu adalah doa.
  2. Jaga Pikiran
    Selain menjaga ucapan, hal selanjutnya yang perlu dijaga adalah pikiran. Selalu berpikiran positif adalah salah satu kunci menuju kesuksesan.
  3. Jaga Tindakan
    Setelah menjaga ucapan dan menjaga tindakan sudah dilakukan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menjaga tindakan. Ucapan dan pikiran, harus selaras dengan perbuatan.

Bapak Ibnu Riyanto juga menceritakan sedikit tentang awal mulanya beliau membangun Trusmi Group ini, bagaimana suka dukanya saat membangun bisnis, dan apa saja yang beliau hadapi selama membangun Trusmi Group ini. Beliau menuturkan bahwa ada 6 karakter yang wajib dimiliki oleh para pelaku wirausaha, yakni:

  1. Tough
    Orang yang ingin terjun menekuni  dunia wirausaha harus memiliki jiwa yang tough dan tahan banting menghadapi berbagai rintangan ke depan.
  2. Respect
    Menjalani kehidupan ini harus saling menghargai satu dengan yang lainnya (respect to each other)
  3. Unity
    Sesama manusia tidak bisa hidup sendiri, oleh karean itu selalu butuh kebersamaan.
  4. Spirituality
    Dengan selalu rajin dan giat beribadah. Tak hanya ibadah-ibadah wajib yang dikerjakan namun yang lebih bagus, juga mengerjakan ibadah-ibadah sunnah.
  5. Meaningful
    Ketika bekerja itu harus dimaknai, agar hidup menjadi lebih berarti.
  6. Integrity
    Perwujudan dari nilai “Integrity” ini adalah dengan jujur, amanah, jika diberikan tugas dikerjakan dan jika diberikan amanah tidak berkhianat.

“Jadilah generasi muda yang bisa mengharumkan nama baik Indonesia tak hanya di dalam negeri maupun sampai ke luar negeri. Saya yakin, ESQ Business School akan melahirkan banyak generasi emas yang berkompeten.” Ujar Bapak Ibnu Riyanto di akhir sesi.

 

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi

Leave a Reply

Paste your AdWords Remarketing code here
WhatsApp chat