Lewat Anchor Project, ESQ Business School Ajarkan Kepekaan Sosial kepada Mahasiswa

By October 7, 2013Artikel, Berita

Menjadi pebisnis yang berkarakter membutuhkan prasyarat yang tidak sedikit. Selain mental pantang menyerah, kegigihan, sikap kreatif dan inovatif,  dibutuhkan juga kemampuan untuk peka terhadap lingkungan sosial. Begitu banyak permasalahan sosial yang bisa diselesaikan dengan spirit entrepreneurship atau yang biasa disebut Social Entrepreneur.

Di ESQ Business School sendiri, kepekaan sosial ini ditumbuhkan lewat mata kuliah Anchor Project yang merealisasikan teori dan konsep ke dalam aplikasi riil di lapangan. Untuk tema pertama, mahasiswa mendapatkan wawasan tentang Diversity and Wisdom. Mahasiswa diajarkan untuk memahami keberagaman dan dapat mengambil wisdom dari keberagaman tersebut. Untuk itu, mahasiswa diajak memasuki sebuah komunitas dan mengambil pelajaran selama berinteraksi dengan komunitas tersebut.

Salah satu daya tarik yang membuat mahasiswa excited dengan mata kuliah ini adalah ruang kelas yang tidak dibatasi oleh empat dinding. Hari Sabtu (5/10/13), mereka diajak turun ke lapangan untuk untuk menjadi relawan pada Festival Gerakan Indonesia Mengajar (FGIM), sekaligus melakukan riset mengenai diversity dan wisdom. FGIM ini dilaksanakan di Ecovention, Ancol Jakarta, dan diikuti oleh sekitar 20 ribu relawan yang berasal dari beragam komunitas yang ada di seluruh Indonesia. Gerakan ini bertujuan untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap peningkatan kualitas pendidikan dasar bagi siswa-siswi yang berada di seluruh pelosok negeri, mulai dari Aceh sampai Papua.

Serius mengerjakan proyek

Para mahasiswa ESQ Business School yang sebelumnya telah mempersiapkan diri dengan ide-ide kreatif mereka, segera berbaur dan penuh semangat membuat alat bantu pengajaran berupa kartupedia, puzzle, alat peraga science, merekam video profesi, membuat surat semangat untuk para siswa, serta apresiasi kepada para guru dan relawan yang selama ini telah mengabdikan dirinya di pulau-pulau terpencil.

Keterlibatan mahasiswa dalam FGIM, dan pengalaman mereka berinteraksi dengan beragam komunitas dari seluruh Indonesia, dirangkum dalam laporan tertulis dan dipresentasikan sebagai bagian dari proses perkuliahan. Namun dalam aspek pengembangan skills, mahasiswa ESQ Business School dilatihkan untuk memiliki kemampuan personal, kerjasama, kepemimpinan, kemampuan memahami perbedaan, dan kemampuan untuk beradapatasi dalam keragaman.

Jadi tetap jaga kepedulian sosialmu, salah satunya dengan mengajar..So, ayo mengajar untuk mewujudkan Indonesia Emas.

Foto-foto lainnya bisa dilihat di akun resmi Flickr ESQ BS di SINI…

Dapatkan Tiket Seminar Eksklusif Bulan November "GREAT PARENTING"

"Mendidik Karakter dengan Karakter" di ESQ Business School.

Free investasi bagi Ayah/Bunda yang memiliki anak kelas 12 SMA/SMK. Rabu, 22 November 2017 (09 - 12)