Kunci Utama Melatih Kecerdasan Emosional Adalah dengan “Neuro Linguistic Programming”

Kunci Utama Melatih Kecerdasan Emosional Adalah dengan “Neuro Linguistic Programming”

ESQ Business School – Setiap orang pasti mendambakan untuk memiliki kehidupan yang sukses. Sukses dalam karier dengan memiliki kemapanan finansial, sukses dalam cinta dengan memiliki keluarga yang harmonis, dan tentunya setiap orang ingin sukses tak hanya di dunia saja tapi juga sukses di akhirat kelak, menjadi Hamba terbaik yang mendapatkan kebahagiaan berupa kenikmatan Surga dari-Nya.

Apa faktor yang berperan penting dalam kesuksesan hidup seseorang? Pertanyaan ini mengusik banyak peneliti. Salah satu peneliti yang terusik adalah Daniel Goleman. Dia tertarik untuk mengungkap apa yang menjadi faktor utama di balik kesuksesan seseorang di keluarga, pekerjaan maupun bisnis.

Ternyata setelah dilakukan penelitian, hasilnya tidak jauh dari common sense kita. Kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh kualitas diri seperti kerja keras, motivasi, self-controlsocial skill (kemampuan membangun relasi), dan  leadership. Kualitas-kualitas inilah yang kemudian diberi nama dengan Kecerdasan Emosional. Dalam konteks pencapaian sukses, kecerdasan emosional melampaui kecerdasan intelektual.

Di dalam buku berjudul “Emotional Intelligence: Why It Can Matter More than IQ” dan “Working With Emotional Intelligence” yang ditulis oleh Daniel Goleman, dia memetakan bahwa setidaknya ada lima kompetensi kecerdasan emosional yang perlu diasah untuk sukses dalam bidang apapun, yaitu:

  1. Self Awareness
    Self Awareness bisa diartikan dengan kesadaran diri, yakni kemampuan untuk mengenal kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Hal ini juga mencakup untuk menyadari perasaan, pikiran, dan perilaku kita sendiri yang berdampak bagi orang lain.
  1. Self Regulation
    Self Regulation bisa diartikan juga dengan pengelolaan diri. Pengelolaan diri di sini maksudnya adalah kemampuan mengelola pikiran, perasaan, dan juga perlaku kita sendiri.
  1. Motivation
    Bisa diartikan sebagai kemampuan untuk mendorong diri sendiri untuk bergerak mencapai tujuan.
  1. Empathy
    Empathy bisa diartikan juga sebagai kemampuan mengenali pikiran, perasaan, dan perilaku orang lain.
  1. People Skill
    People Skill ini bisa diartikan juga sebagai kemampuan berhubungan dengan orang lain serta berkomunikasi secara efektif dengan mereka.

Dan kelima kompetensi di atas ini erat hubungannya dengan NLP (Neuro Lingustic Programming). Mengapa demikian? Karena di dalam NLP ini terdapat ilmu yang mengkaji hubungan antara pikiran, perilaku dan bahasa. Belajar NLP membuat kita lebih sadar dan peka terhadap pikiran, perilaku dan bahasa yang kita gunakan. Jadi dengan kata lain, belajar NLP dapat memungkinkan kita untuk membangun relasi dan memengaruhi orang lain dengan lebih baik, karena dari ilmu NLP, kita mampu mengenali pikiran, perilaku dan bahasa orang lain dengan lebih baik.

Ternyata, belajar NLP juga sangat bermanfaat untuk kehidupan pribadi. Berikut ini, ada 7 manfaat yang bisa di dapatkan dengan belajar NLP:

  1. Memotivasi dan tetap menjadi termotivasi
  2. Mewujudkan impian
  3. Melepaskan emosi-emosi dan peilaku-perilaku yang tidak diinginkan
  4. Memiliki tujuan yang jelas untuk arah kehidupan.
  5. Menghancurkan mental blok/kepercayaan-kepercayaan yang menghambat dan memutuskan dengan cepat tepat dan terarah dengan hasil yang terbaik.
  6. Mengontrol pikiran dalam kehidupan kita
  7. Meluruskan niat mengenai karier, kesehatan, keluarga untuk kesuksesan yang lebih besar.

ESQ Business School (EBS) adalah satu-satunya sekolah bisnis di Indonesia yang berbasis pendidikan karakter. Di kampus ini, para mahasiswanya akan diajarkan tentang ilmu NLP, karena ilmu NLP ini sangat berguna untuk para generasi muda. Karena para generasi muda kelak nanti akan menjadi pemimpin di masa depan. Dan menjadi seorang pemimpin itu harus melakukan perubahan demi perubahan agar dirinya semakin menjadi pribadi yang baik serta menginspirasi bagi orang di sekitarnya.

Ilmu tentang NLP ini akan diajarkan kepada para mahasiswa EBS di semester 5, yang direncanakan, ilmu NLP ini akan dibawakan langsung oleh Pendiri EBS, yakni Bapak Dr.(H.C) Ary Ginanjar Agustian pada tanggal 25 September 2018 di kampus EBS. Selamat menimba ilmu para mahasiswa EBS, karena kalianlah calon-calon generasi emas yang akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang!

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi