Kuliah Umum bersama Rosihan, Founder Saqina.com

By March 31, 2015Artikel, Event

Kuliah Umum bersama Rosihan SaqinaJumat 20 Maret 2015, mahasiswa ESQ BS didatangi Mohammad Rosihan, founder saqina.com, salah satu e-commerce yang sukses menjual busana muslim. Rosihan memberikan kuliah umum di kampus ESQ Business School – Menara 165 lantai 19, dengan materi berjudul “Business Idea: Expanding Your Business Scale From Zero to Global Player by Acquired  an Venture Capital”.

Dalam kuliah umum ini, Rosihan menceritakan tentang kisah hidupnya dalam memulai bisnis sejak tahun 2001 lalu. Ia memulai dengan sebuah toko busana muslim. Usahanya itu berkembang menjadi 9 buah toko yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, hingga akhirnya ia mendirikan e-commerce alias toko online untuk bisnisnya itu.

Rosihan menjelaskan mengenai 5 tahapan seorang entrepreneur yang dikutip dari buku Billionaire in Training karya Brad Sugars. Pertama, seorang wirausahawan akan menjadi pekerja mandiri terlebih dahulu. Lalu naik ke tahap selanjutnya menjadi manajer, pemilik bisnis, investor, hingga sampai pada tahap terakhir yaitu menjadi entrepreneur sejati. Saat ini, Rosihan mengaku masih dalam tahap ketiga, yaitu pemilik bisnis. Ia berhasil melewati tahap manajer di mana itulah masa-masa menjadi “juragan” yang tidak bisa lepas dari operation bisnisnya.

Perkembangan pesat Saqina membuat Rosihan berpikir untuk menambah modal. Menjalin kerjasama dengan perusahaan ventura menjadi pilihannya. Perusahan ventura memberi modal bukan berdasarkan profit, tetapi value dari perusahaan yang akan dijadikan mitranya.

Di sesi terakhir, terdapat sesi tanya-jawab yang dimanfaatkan mahasiswa ESQ Business School untuk menggali ilmu entrepreneur lebih dalam. Banyak di antara mahasiswa ESQ BS sudah mempunyai usaha sendiri. Walau masih dalam tahap pertama dan kedua seperti yang dijelaskan Rosihan, mereka tetap tekun untuk mencapai tahap selanjutnya dalam menjadi entrepreneur sejati menuju Indonesia Emas 2020.

Dapatkan Tiket Seminar Eksklusif Bulan November "GREAT PARENTING"

"Mendidik Karakter dengan Karakter" di ESQ Business School.

Free investasi bagi Ayah/Bunda yang memiliki anak kelas 12 SMA/SMK. Rabu, 22 November 2017 (09 - 12)