Kembangkan E-Learning Sendiri, EBS dan Kelase.com Latih Sekolah di Jabodetabek

ESQ Business School, E Learning, KelaseGadget hari ini bukanlah barang baru yang susah untuk dimiliki. Menurut Lembaga Riset Emarketer seperti dilansir situs kominfo.go.id, pada tahun 2018 pengguna gadget aktif smartphone di Indonesia sudah mencapai 100 juta pengguna. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India dan Amerika. Melihat fakta ini, ESQ Business School menggandeng Provider Aplikasi Kelase.com untuk mengajak masyarakat menggunakan gadget untuk tujuan pendidikan.

Kelase.com adalah aplikasi e-learning yang dikembangkan untuk dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran siswa dan mahasiswa diluar kelas. Menurut salah seorang pendiri Kelase.com Bapak Gora, Aplikasi Kelase.com ini ibarat sekolah dalam virtual.

Setiap sekolah bisa memiliki akun sendiri dan dapat mengelola kelas, mengelola siswa, tugas-tugas, menyampaikan pemberitahuan, kuis dan lain sebagainya layaknya sekolah yang sesungguhnya. Bahkan lebih dari itu, para guru bisa berbagi bank soal sehingga akan banyak variasi soal-soal yang bisa dimiliki guru untuk meningkatkan kualitas soal bagi peserta didik mereka.
Pada tahap sosialisasi awal, ESQ Business School mengundang beberapa sekolah yang memiliki infrastruktur komputer untuk diberikan pelatihan, khususnya kepada guru IT yang ditunjuk oleh sekolah. Selanjutnya setelah proses pelatihan para guru IT dilakukan, sekolah yang ingin membangun Aplikasi E-Learning dengan software ini akan dibimbing untuk memiliki E-Learning Sendiri. Aplikasi ini pun diberikan secara gratis sebagai bentuk kepedulian Kelase.com dan ESQ Business School terhadap dunia pendidikan di tanah air.

Pada bulan November 2016, SMK Bhakti Idhata menjadi salah satu sekolah yang mendapatkan training penggunaan E-learning. Siswa-siswi kelas XI MM2 dilatih untuk mendapatkan pengetahuan mengenai e-learning, cara daftar, masuk ke dalam kelas online, mengikuti sesi, mengomentari bahan bacaan, mendapat pengumuman, mengirim fie tugas, mengerjakan kuis, mengikuti ekskul dan komunitas virtual yang disediakan lembaga tersebut hingga mengikuti kelas publik yg dapat diikuti dari berbagai sekolah.

Kegiatan pelatihan penggunaan E-Learning dengan Aplikasi Kelase.com ini adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat ESQ Business School yang dilakukan oleh Tim Dosen yang dipandu Bapak Bayu Kelana, S.Kom, M.Sc dan Bapak Gora dari Kelase.com serta didukung para instruktur dari mahasiswa ESQ Business School yaitu Vera, Indah dan Syatita. Kegiatan ini juga menjadi salah satu program pembentukan karakter bagi siswa mahasiswa ESQ Business School yang dikemas dalam mata kuliah Community Development, yaitu mata kuliah yang menitikberatkan pada Pengembangan Komunitas.

Semoga dengan berkembangnya sekolah yang menggunakan e-learning semakin meningkatkan kualitas pendidikan rakyat Indonesia, khususnya mengarahkan para siswa untuk menggunakan gadget dengan cara yang bermanfaat.
***
Jika sekolah kamu tertarik untuk memiliki E-Learning sendiri, kamu bisa kirimkan permohonan training E-Learning ke email ESQ Business School di info@esqbs.ac.id

TAGS: