Inovasi APAM Diuji Cobakan dan Disimulasikan Langsung di Kota Banjarbaru

Inovasi APAM Diujicobakan dan Disimulasikan Langsung di Kota Banjarbaru

Inovasi APAM Diujicobakan dan Disimulasikan Langsung di Kota Banjarbaru

ESQ Business School – Kebakaran hutan kerap kali terjadi melanda Indonesia. Ketika Indonesia memasuki musim kering, kebakaran hutan dan perkebunan terjadi di sejumlah tempat. Seperti terjadi di Kota Banjarbaru, di Provinsi Kalimantan Selatan. Walaupun kebakaran hutan ini sudah menurun intensitasnya, namun pemerintah setempat tetap waspada serta tetap siaga jika bencana tersebut akan datang kembali.

Pada hari Kamis (17/10/2019) salah satu mahasiswa ESQ Business School (EBS) yakni Adhitia yang juga mempunyai bisnis bernama APAM (Alat Pemadam Api Medium) diundang untuk presentasi, ujicoba, dan simulasi alat APAM tersebut pada acara simulasi penanggulangan bencana yang diselenggarakan BPBD dan Pemkot Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Wakil Walikota Banjarbaru yakni Bapak H. Darmawan Jaya Setiawan, BPBD, Pemadam Kebakaran, TNI, Polri, BPK, Pengusaha, serta beberapa rekan media untuk meliput.

Inovasi APAM Diujicobakan dan Disimulasikan Langsung di Kota BanjarbaruDalam kegiatan ini APAM, bisnis dari mahasiswa EBS tersebut diperkenalkan kemudian diujicobakan langsung untuk memadamkan api yang membakar sebuah gubuk dalam rangka simulasi, gubuk ini dibangun oleh BPBD Kota Banjarbaru. Penggunaan APAM ini dinilai cukup praktis karena pemanfaatannya hanya memerlukan putaran ban untuk kendaraan roda dua. Inovasi APAM ini juga mendapatkan apresiasi langsung dari Wakil Walikota Banjarbaru Bapak H.Darmawan Jaya Setiawan. APAM bukan hanya kali pertama ini mendapat apresiasi, karena sebelumnya di tahun 2018, APAM juga mendapat apresiasi dalam Ajang “Bekraf Habibie Festival,” Ajang “12th Agrinex Expo 2018,” Juara 1 dalam Ajang Bandung Startup Hunt, dan beberapa pengharagaan lainnya.

Inovasi APAM Diujicobakan dan Disimulasikan Langsung di Kota BanjarbaruDilansir dari media daring redaksi 8, Bapak Wakil Walikota pun berkata bahwa APAM dinilai bisa menjadi solusi yang cepat apabila terjadi kebakaran di suatu tempat, serta Bapak Wakil Walikota juga meminta kepada BPDB Kota Banjarbaru untuk melakukan evaluasi terhadap APAM ini, jika memang cocok dan sangat efektif, maka BPDP Kota Banjarbaru akan melakukan pengadaan APAM ini yang jumlahnya disesuaikan dengan finansial yang ada.

Inovasi APAM Diujicobakan dan Disimulasikan Langsung di Kota Banjarbaru

Inovasi APAM Diujicobakan dan Disimulasikan Langsung di Kota Banjarbaru

Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Adhit dan teman-teman lainnya terhadap bisnis APAM yang mereka jalani sejak lama. Hal ini juga akan menjadi motivasi ke depan bagi para mahasiswa EBS serta alumni EBS untuk berkarya yang membawa kebermanfaatan bagi banyak orang.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi