Inilah Alasan di Balik Pentingnya Belajar “Neuro Linguistic Program” bagi Mahasiswa EBS

Inilah Alasan di Balik Pentingnya Belajar “Neuro Linguistic Program” bagi Mahasiswa EBS

ESQ Business School – Investasi bukan hanya berbicara tentang hal-hal yang bersifat materi saja. Tetapi ketika manusia hidup di dunia, maka dia juga harus berinvestasi dalam hal kebaikan. Investasi kebaikan sangat banyak contohnya, sederhananya adalah menghargai teman-teman di sekitar dengan memberikan kata-kata berupa pujian apabila dia meraih sebuah prestasi atau keberhasilan dan saling berlomba untuk terus memberikan kekuatan pada yang lain.

Ada sebuah quotes terkenal dari Peter Drucker, seorang penulis, konsultan manajemen, dan “ekolog sosial.” Beliau sering disebut sebagai Bapak “Manajemen Moderen,” Menurut Peter Drucker “If you want talking about business and management, you’re talking about people behaviour.” Adapun apabila diartikan secara sederhana adalah sebuah perusahaan akan terus bertahan apabila orang-orang di dalamnya mempunyai kepribadian (attitude) yang baik.

Hal ini selaras yang dilakukan ESQ Business School (EBS) pada hari ini (25/09/2018) bagi para mahasiswa semester 5, untuk mata kuliah “Kepemimpinan Berkarakter” yang hari ini menjadi sangat spesial, karena diisi langsung oleh Pendiri ESQ Business School, yakni Bapak Dr.(H.C) Ary Ginanjar Agustian yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Lantai 18, ESQ Business School, Jakarta Selatan. Mata kuliah “Kepemimpinan Berkarakter” ini dimulai pada pukul 09.10 – 11.40 WIB.

Dalam sesi kali ini, para mahasiswa semester 5 banyak mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat yang dibawakan langsung oleh Bapak Dr.(H.C) Ary Ginanjar Agustian. Beliau mengatakan bahwa, jika menjadi seorang pemimpin itu, laksana dia menjadi sebuah koin. Maksudnya adalah, dia tak hanya cakap dalam hal strategi tapi dia juga harus cakap di bidang sumber daya manusianya (sumber daya manusia di sini adalah membangun karakternya.)

Beliau juga mengatakan bahwa, kunci sebuah perusahaan bisa berdiri selama puluhan tahun atau lebih, karena perusahaan itu mempunyai corporate culture yang bagus. Ini juga erat kaitannya dengan tingkah laku pada seseorang, apabila tingkah laku seseorang tidak berubah, maka selamanya tidak akan ada kemajuan dalam dirinya. Hal ini yang tercantum pula di dalam Al-Quran, yakni surah Ar-Ra’d ayat 11 yang artinya adalah “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

Lebih lanjut Bapak Dr.(H.C) Ary Ginanjar Agustian juga berkata bahwa mahasiswa EBS dididik untuk menjadi agen perubahan. Seorang yang menjadi agen perubahan di masa depan harus memiliki nilai-nilai yakni: Intelektualitas, Kekuatan, dan Semangat. Dan yang terpenting adalah mental yang kuat. Karena kita hidup di era VUCA (Volatillity, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) di mana zaman sekarang adalah zaman yang penuh dengan ketidakpastian dan perubahan yang sangat cepat.

Dan juga, penting pula untuk para mahasiswa EBS untuk selalu mengamalkan “5 Values EBS” dan juga “The EBS Way” karena kedua hal itu yang menjadikan para mahasiswa EBS berkepribadian unggul tak hanya dari sisi intelektual tapi juga sisi emosional dan spiritual. 90% seseorang bertindak melalui alam bawah sadarnya, apa yang dia lihat, dia dengar, dan dia rasakan.

Maka dari itu, penting sekali untuk seseorang belajar ilmu NLP (Neuro Linguistic Program), karena ilmu NLP membuat kita lebih sadar dan peka terhadap pikiran, perilaku dan bahasa yang kita gunakan. Jadi dengan kata lain, belajar NLP dapat memungkinkan kita untuk membangun relasi dan memengaruhi orang lain dengan lebih baik, karena dari ilmu NLP, kita mampu mengenali pikiran, perilaku dan bahasa orang lain dengan lebih baik.

Untuk mahasiswa EBS, nantinya akan diajarkan pula ilmu NLP yang terkombinasi dengan ilmu ESQ, yakni ilmu ESQNLP. Ilmu ini adalah penggabungan antara ilmu NLP yang telah mendunia di luar sana beserta ilmu spiritualitas yang didapat dari ilmu ESQ. kedua kombinasi ilmu yang dilahirkan oleh ESQ Business School ini akan menjadi yang terbaik dan hanya akan didapatkan di kampus EBS. Sebelumnya ilmu ini telah terdapat pula di dalam Al-Quran yakni QS Al-A’raf ayat 172 dan QS.As-Sajdah ayat 9.

“Jika kau berteman dengan tukang minyak wangi, maka kau akan tertular pula dengan wanginya. Jika kau berteman dengan tukang minyak tanah, maka kau akan tertular pula dengan bau minyak tanah. Artinya adalah pandai-pandailah memilih teman. Pilihlah teman yang akan membawamu menjadi pribadi yang baik dan mengajakmu menuju ke Surga-Nya.” Ujar Bapak Dr.(HC) Ary Ginanjar Agustian di akhir sesi.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi