Inilah Kiat-Kiat untuk Tetap Semangat Belajar #dirumahaja Walaupun Sedang Berpuasa

Inilah Kiat-Kiat untuk Tetap Semangat Belajar #dirumahaja Walaupun Sedang Berpuasa

Inilah Kiat-Kiat untuk Tetap Semangat Belajar #dirumahaja Walaupun Sedang Berpuasa

ESQ Business School – Saat ini semua umat muslim di dunia memasuki bulan yang paling dinanti-nantikan kehadirannya, yakni Bulan Ramadan. Di mana pada bulan tersebut terkandung berkah, ampunan, dan Rahmat dari Sang Maha Pencipta. Dalam bulan Suci Ramadan, semua umat muslim juga diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Sebagai mahasiswa yang saat ini tengah menjalani proses perkuliahan di rumah saja karena adanya Pandemi Covid-19 tentu membutuhkan kiat-kiat bagaimana agar tetap semanagat belajar walaupun di rumah saja. Karena tak jarang kita menemukan bahwa banyak yang lemas, tidak bersemangat, dan tidak fokus dalam belajar saat bulan Ramadan. ESQ Business School (EBS) merangkumnya dalam beberapa kiat untuk tetap semangat belajar walaupun sedang berpuasa yang telah dilansir dari berbagai sumber, yuk kita simak:

  1. Makanlah Makanan yang Tepat Saat Sahur

Ketika berpuasa di siang hari, tentunya sebelumnya kita sudah makan sahur agar stamina kita terjaga saat berpuasa. Untuk itu, agar kita bisa tetap fokus belajar dalam keadaan berpuasa, makanlah makanan pada saat sahur yang cukup akan gizi, seperti sayur-sayuran dan makanan tinggi protein lainnya. Seimbangkan antara karbohdrat, lemak, dan protein agar daya tahan tubuhmu tetap fit saat berpuasa.

  1. Perbanyak Minum Air Putih Ketika Sahur

Sangat penting untuk memperbanyak mengonsumsi air putih ketika sahur dengan tujuan agar kamu terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa di siang harinya. Dehidrasi ini menyebabkan tubuhmu bisa lemas serta merasa sering haus. Jika ini dibiarkan maka kamu juga akan kehilangan fokus dalam proses perkuliahan di rumah.

  1. Mengatur Waktu Belajar Agar Tidak Bosan

Berkuliah saat berpuasa bagi sebagian orang menjadi lebih berat dari biasanya. Untuk itu, saat ini bagi kamu yang sedang kuliah di rumah aja, perlu mengatur waktu belajar agar kamu tidak merasa bosan. Istirahat pun sangat perlu, jangan sampai kamu lupa waktu untuk belajar terus. Seimbangkan antara pikiran dan tenagamu ya.