Inilah Alasan Penting bagi Para Mahasiswa dan Para Generasi “Millenials” untuk Mempersiapkan Diri Menghadapi Era “Industri 4.0”

Inilah Alasan Penting bagi Para Mahasiswa dan Para Generasi “Millenials” untuk Mempersiapkan Diri Menghadapi Era “Industri 4.0”

Inilah Alasan Penting bagi Para Mahasiswa dan Para Generasi “Millenials” untuk Mempersiapkan Diri Menghadapi Era “Industri 4.0”

ESQ Business School (EBS) – Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa negara Indonesia saat ini telah memasuki era revolusi industri ke-4 atau dikenal dengan nama “Industri 4.0” yang menandai terjadinya era “Industri 4.0” ini adalah banyakanya penggunaan mesin-mesin yang terintegrasi oleh jaringan internet atau yang biasa dikenal dengan “internet of things” Sebelumnya “Industri 4.0” ini telah diperkenalkan di negara Jerman sejak tahun 2011 sebagai bentuk dari penerapan ekonomi digital.

Dengan sudah memasuki era “Industri 4.0” ini, kewajiban bagi negara Indonesia ini pun juga harus menyiapkan generasi-generasi muda atau generasi-generasi millennials menjadi angkatan kerja yang kompetitif, produktif, dan inovatif di sepanjang era tersebut. Untuk itulah, bagi para mahasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta juga sudah harus dipersiapkan untuk menghadapi era “Industri 4.0” ini. kemampuan intelektual tidaklah cukup untuk menghadapi era “Industri 4.0” ini, tapi dibutuhkan juga kemampuan emosional dan kemampuan spiritual dalam menghadapi era “Industri 4.0” ini.

Tanda-tanda negara Indonesia sudah memasuki era “Industri 4.0” ini terlihat dengan jelas di mana, sekarang ini ditandai dengan semua hal yang serba digitalisasi dan otomatisasi. Contoh nyata yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah sebagian masyarakat perkotaan yang sekarang lebih memilih untuk belanja secara online dibandingkan belanja dengan ke toko-toko konvensional atau pusat perbelanjaan. Contoh lainnya adalah di bidang perbankan, di mana saat ini pesatnya perkembangan e-banking, yang diperkirakan 30 persen pos pekerjaan pada setiap bank diprediksi akan hilang dalam beberapa tahun mendatang. Maka, akhir-akhir ini pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor perbankan pun tak terhindarkan. Serta contoh lainnya adalah kita bisa melihat yang terjadi pada industri surat kabar. Industri surat kabar pun mengalami penurunan skala bisnis yang cukup signifikan, karena tak bisa bisa menghindari dampak dari pesatnya pertumbuhan media online.

Era Industri 4.0 akan terus menghadirkan banyak perubahan yang di mana jika kita tidak bisa mengikuti alur perubahan tersebut, maka kita akan menjadi generasi yang tertinggal. Karena itu, pentingnya diberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama para mahasiswa yang nantinya diharapkan akan menjadi agent of change atau agen perubahan yang berperan penting sebagai tonggak perubahan sebuah negara.

Sebagaimana yang telah dilansir juga dalam situs detikcom, Belum lama ini, Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan bahwa pemerintah telah mengelompokkan lima industri utama yang disiapkan untuk Revolusi Industri 4.0. “Lima industri yang jadi fokus implementasi Industri 4.0 di Indonesia yaitu industri makanan dan minuman, tekstil, otomotif, elektronik, dan kimia,” kata Presiden saat membuka Indonesia Industrial Summit 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) pada pekan pertama April 2018.

Dan, ESQ Business School (EBS) yang mempunyai visi sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia ke depannya juga mempersiapkan agar para mahasiswa dan lulusannya untuk siap menghadapi era “Industri 4.0” yang di mana pada tanggal 20 Desember 2018, di Lantai 18 Ruang Auditorium Prof.Ir.Surna Tjahja Djajadinigrat,M.SC.,Ph.d. akan diselenggrakan kuliah umum oleh Chief Executive Officer (CEO) PT Paragon Technology and Innovation (Wardah) yaitu Ibu Dra.Nurhayati Subakat. Beliau di sini, nantinya akan bercerita mengenai sukses membangun konsep diri dalam memasuki era “Industri 4.0.” acara kuliah umum ini, juga merupakan bagian dari rangkaian acara “Dies Natalis ESQ Business School yang ke-6.”

Inilah Alasan Penting bagi Para Mahasiswa dan Para Generasi "Millenials" untuk Mempersiapkan Diri Menghadapi Era "Industri 4.0"

Sumber dokumentasi dari: https://www.saudagarnews.id

Semoga dengan diselenggarakannya kuliah umum ini nanti, para mahasiswa EBS menambah wawasan bagi para mahasiswa EBS khususnya mahasiswa jurusan ilmu komputer, agar ESQ Business School ke depannya dapat menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia sesuai dengan visinya

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi