Inilah 5 Tips Mudik Asyik yang bisa Dicoba Saat Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Inilah 5 Tips Mudik Asyik yang bisa Dicoba Saat Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Inilah 5 Tips Mudik Asyik yang bisa Dicoba Saat Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

ESQ Business School – Mudik lebaran, menjadi tradisi tahunan yang biasa masyarakat Indonesia lakukan saat menjelang hari raya Idulfitri. Bagi yang tinggal di perantauan, mudik ke kampung halaman menjadi momen yang paling dinanti-nantikan untuk bisa berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Menuju kampung halaman, bisa dilakukan dengan menaiki berbagai macam moda transportasi, baik darat, laut, dan udara. Untuk jalur darat, rata-rata pemudik memilih menggunakan kendaraan pribadi. Walau pun mudik dengan kendaraan pribadi memiliki risiko yang lebih tinggi, misalnya mulai dari macet yang tidak terprediksi, rute jalan yang tidak hafal dan bisa membuat nyasar perjalanan, keselamatan jiwa saat berkendara. Tapi, jangan khawatir buat kalian yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi, simak 5 tips mudik asyik dari ESQ Business School (EBS) yang dilansir dari situs IDN Times bisa dicoba saat lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi:

  1. Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat
    Inilah 5 Tips Mudik Asyik yang bisa Dicoba Saat Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Hal pertama dan utama sebelum berangkat mudik adalah terlebih dahulu memeriksa kondisi kendaraan. Penting bagi kalian yang berangkat mudik dengan mobil pribadi untuk mengecek rem, mesin, oli, roda dan jika kalian menggunakan motor sama halnya untuk mengecek juga kondisi rem, mesin, oli, roda dan hal sebagainya. Jangan sampai kita abai akan masalah ini, karena banyak pengemudi yang abai lalu berimbas pada kecelakaan lalu lintas.

  1. Aktifkan GPS atau Peta

Hal kedua adalah, ketika kalian mudik hendaknya selalu mengaktifkan GPS lewat smartphone untuk mencari jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui, jangan lupa pula bawa powerbank agar jika kehabisan baterai, bisa langsung di-charge ponselnya. Jika kalian juga punya peta, sebaiknya bisa ikut dibawa untuk mengantisipasi salah dalam rute perjalanan.

  1. Bawalah Uang Tunai Secukupnya

Inilah 5 Tips Mudik Asyik yang bisa Dicoba Saat Lebaran dengan Kendaraan PribadiTips selanjutnya, saat kalian mudik ke kampung halaman, bawalah uang tunai secukupnya. Karena saat dalam perjalanan, tidak selalu ada mesin ATM  yang akan kalian jumpai dan tidak semua toko bisa dibayar dengan kartu debit. Bawalah uang yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

  1. Bawalah Makanan dan Minuman Secukupnya

Selanjutnya adalah bawalah makanan dan minuman secukupnya jika kalian mudik ke kampung halaman. Karena kondisi di jalanan pastinya akan menemui kemacetan, oleh karena itu bawalah makanan dan minuman agar kalian cukup asupan.

  1. Hindari untuk Membawa Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan

    Inilah 5 Tips Mudik Asyik yang bisa Dicoba Saat Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Hal terakhir adalah, saat kalian mudik patut untuk menghindari membawa penumpang melebihi kapasitas di dalam kendaraan yang akan kalian pakai. Karena setiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban sesuai kapasitasnya masing-masing. Akibatnya, jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan semua penumpang. Serta penting pula bagi kalian yang mudik dengan kendaraan pribadi untuk selalu mematuhi pearturan lalu lintas yang berlaku agar kalian selamat sampai tujuan.

Selamat mudik! semoga selamat sampai di tujuan serta kembali ke Jakarta dengan kondisi yang selamat dan makin semangat!

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi