Inilah 5 Hal Penting yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Seorang Pemimpin Sejak Mahasiswa

Inilah 5 Hal Penting yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Seorang Pemimpin Sejak Mahasiswa

Inilah 5 Hal Penting yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Seorang Pemimpin Sejak Mahasiswa

ESQ Business School – Mahasiswa adalah sebagai agent of change (agen perubahan) yang turut berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa dan negara, dan tentunya juga  sebagai agen pembawa perubahan yang signifikan bagi dunia. Tentu saja perubahan yang bersifat konstruktif dan penuh makna. Karena pada dasarnya, mahasiswa adalah kaum terpelajar yang lebih tahu seluk beluk dunia, tidak mudah terprovokasi, dan pandai mencari segala alternatif untuk kemudian dilakukan solusinya.

Mahasiswa juga diharapkan menjadi orang yang meneruskan kepemimpinan di suatu negara dikarenakan ilmu dan karakteristik pejuang dan pengabdi yang ada dalam diri mahasiswa itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menjadi pemimpin di masa depan, mahasiswa harus paham dan juga menguasai hal-hal berikut ini, sebagaimana yang telah dilansir dari situs ruangmahasiswa.com. ESQ Business School (EBS) merangkumnya dalam 5 hal berikut ini:

1. Membuka Pikiran
Seorang pemimpin harus mempunyai pikiran yang terbuka, artinya adalah menerima setiap aspirasi ataupun pendapat orang lain menjadi hal yang paling penting ketika menjadi seorang mahasiswa terlebih seorang pemimpin, karena dampaknya adalah dengan hal tersebut pula penting bagi seorang mahasiswa untuk menjadi pemimpin di masa depan, untuk menjadi orang yang berperilaku open minded (berpikiran terbuka) di mana pun berada, serta pentingnya untuk terus memposisikan diri juga sebagai pendengar yang baik.

Inilah 5 Hal Penting yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Seorang Pemimpin Sejak Mahasiswa2. Rendah Hati
Rendah hati bersikap universal, artinya setiap manusia wajib memiliki sikap ini. karena yang patut sombong hanyalah Tuhan saja yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Mahasiswa yang ingin menjadi pemimpin di masa depan, haruslah memiliki sikap yang rendah hati, karena ketika seseorang memiliki perilaku yang rendah hati di dalam dirimu maka itu akan menjadi suatu nilai berharga yang ada padamu.
Rendah hati itu sendiri akan memunculkan perilaku respect orang lain terhadap diri kamu, yang nantinya akan berdampak kepada kondisi sosial mu kedepannya.

3. Objektif
Mempunyai sikap objektif sangat dibutuhkan bagi calon-calon pemimpin masa depan. Pandangan objektif ini sangat diperlukan, terlebih lagi bagi seorang mahasiswa maupun calon pemimpin di masa depan, karena dengan pandangan objektif ini  seseorang memiliki  kemampuan membedakan mana yang benar maupun mana yang salah. Seorang pemimpin ideal harus memiliki perilaku objektif agar tidak salah menyatakan pendapat maupun menentukan sikap terhadap suatu hal yang telah tejadi yang nantinya akan menghindari dirinya dari perilaku tergesa-gesa maupun sembarangan dalam keduanya.

Inilah 5 Hal Penting yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Seorang Pemimpin Sejak Mahasiswa4. Kontributif
Menjadi mahasiswa bukan diproyeksikan menjadi orang lemah dan pengecut, tidak berperan aktif, dan mudah menyerah akan tantangan, tetapi mahasiswa adalah refleksi menjadi pemimpin yang ideal bagi setiap orang karena sejatinya mahasiswa merupakan akademisi yang benar-benar paham tentang seluk beluk yang terjadi di negerinya. Jadi, berkontribusilah untuk kebaikan sebanyak-banyaknya

5. Prestatif
Perilaku prestatif juga merupakan dorongan dan keinginan selalu menjadi yang terbaik dari setiap tantangan yang ada membuat kita akan dipandang sebagai orang yang mempunyai kelebihan dibandingkan orang lain. Fakta menunjukkan bahwa dengan mempunyai prestasi pula timbul simpati dari orang-orang ada yang ada disekitar kita.

Inilah 5 Hal Penting yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Seorang Pemimpin Sejak Mahasiswa***

Untuk itulah, ESQ Business School (EBS) mempunyai visi sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang kelak ke depannya akan melahirkan para pemimpin-pemimpin yang berkualitas unggul baik dari segi intelektual, emosional, dan spiritual.

Tes Gelombang 2, Sabtu 23 Februari 2019. Tersedia tes online bagi kamu yang berlokasi di luar jakarta. Pilihan Program Studi: Manajemen Bisnis, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer. Lokasi Kampus yaitu di Menara 165, Lantai 19, Jl. TB Simatupang Kav.1 Cilandak – Jakarta Selatan. Informasi Pendaftaran Kampus, bisa menghubungi  0819-11000-165 (Admin)

Mari wujudkan cita-citamu menjadi generasi emas yang unggul di masa depan bersama ESQ Business School!

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi