Inilah 5 Cara untuk Menjadi Generasi Milenial yang Bermanfaat bagi Banyak Orang

Inilah 5 Cara untuk Menjadi Generasi Milenial yang Bermanfaat bagi Banyak Orang

Inilah 5 Cara untuk Menjadi Generasi Milenial yang Bermanfaat bagi Banyak Orang

ESQ Business School – Dewasa ini, pasti semua orang sudah tidak asing lagi mendengat kata “Generasi Milenial.” Ya Generasi Milenial atau sering juga disebut “Generasi Y” atau “Milenials” adalah kelompok orang yang lahir setetelah Generasi X, yaitu orang-orang yang lahir pada rentang waktu antara tahun 1980-2000. Jika dibuat perhitungannya berarti generasi milenial adalah orang-orang yang saat ini ada pada usia antara 17-37 tahun.

Menurut survei, di Indonesia saat ini tercatat, kurang lebih sebanyak 81 juta penduduk Indonesia adalah kalangan generasi milenial. Sudah barang tentu, jika kalian adalah berstatus pelajar dan mahasiswa saat ini, kalian termasuk golongan dari generasi milenial.

Pada saat ini, Generasi milenial cukup spesial karena dianggap sangat berbeda dengan  generasi-generasi sebelumnya karena karakter serta menyangkut hal-hal kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Baik di bidang pendidikan, moral, budaya terutama hal – hal yang berkaitan dengan teknologi, generasi milenial adalah generasi yang paling update dalam segi teknologi. Jika kita melihat media sosial yang ada saat ini, 80% didominasi oleh akun-akun yang dibuat oleh generasi milenial.

Selain itu, generasi milenial juga punya gaya hidup yang cenderung individualis dalam artian cenderung tidak peduli dengan keadaan sekitar dan lebih peduli dengan gadget dan media sosial, maka ESQ Business School (EBS) merangkum cara agar menjadi generasi milenial yang bermanfaat bagi banyak orang yang dilansir dari situs web ruangmahasiswa.com, yaitu sebagai berikut:

  1. Pergunakanlah Media Sosial dengan Bijak
    Media sosial diibaratkan pedang bermata dua. Bisa menjadi keuntungan apabila dipergunakan dengan baik tetapi bisa juga merugikan apabila salah dalam mempergunakannya. Pergunakanlah media sosial dengan bijak, hindari penyebaran berita yang tidak valid kebenarannya dan akan sangat disanyangkan sekali apabila masa muda kita, dipakai untuk menebarkan kebencian lewat media sosial. Pergunakan media sosial untuk mendapatkan dan menyebarkan kebaikan.
    Inilah 5 Cara untuk Menjadi Generasi Milenial yang Bermanfaat bagi Banyak Orang
  1. Mempunyai Wawasan yang Luas
    Generasi milenial sangat penting untuk memiliki wawasan yang luas. Jangan menelan mentah-mentah terhadap informasi yang telah didapatkan. Telaah lebih dulu kebenaran dalam sebuah informasi. Penyakit para generasi milienial adalah mudah percaya terhadap berita-berita yang belum tentu benar. Untuk itu, perlu bagi generasi milenial untuk memiliki wawasan yang luas. Seringlah bertanya serta bertukar ilmu dengan banyak orang, agar ilmu kita pun bertambah.
  1. Membuat Visi yang Realistis
    Sebagai generasi milenial, tentukan visi yang ingin dicapai. Tentunya dalam membuat visi, yang dibutuhkan adalah SMART. Apa itu SMART? Ya, SMART merupakan singkatan dari Spesific, Measureable, Achieveable, Reasonable, dan  Timephased. Beberapa elemen itu yang membuat visi kita bukan hanya omong kosong belaka. Karena jika visi saja tidak jelas bagaimana mau mencapai tujuan ke depannya? Seperti ESQ Business School yang mempunyai visi yang jelas yaitu sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia.
    Inilah 5 Cara untuk Menjadi Generasi Milenial yang Bermanfaat bagi Banyak Orang
  1. Mulailah Membangun Ide
    Pada dasarnya, semua manusia dapat berpikir dan menumbuhkan ide. Dengan memiliki visi yang SMART tadi, baiknya kita menciptakan ide yang bermanfaat bagi banyak orang. Ide boleh didiskusikan dengan orang – orang sekitar kamu. Jangan takut ide kamu dicuri, karena tidak ada ide yang original. Serta ingatlah, ide itu murah, yang mahal eksekusinya.
  1. Berpikir untuk Membangun Perusahaan Startup
    Banyak generasi milenial sekarang ini memiliki pendidikan tinggi, namun masih menjadi pengangguran serta mirisnya adalah banyak di antara mereka yang tidak tahu mau dibawa ke mana hidupnya setelah lulus kuliah. Alasannya bermacam- macam, mulai dari pilih-pilih pekerjaan, mencari pekerjaan yang gajinya sesuai keinginan atau tidak suka sistem birokrasi dari calon perusahaannya. Mari melihat lebih jeli lagi, bahwa sekarang ini adalah zaman industri kreatif, banyak generasi milenial yang sekarang ini berlomba-lomba berbisnis atau bahkan mendirikan perusahaan startup. Di ESQ Business School jurusan Sistem Informasi, ada program Technology dan Digital Startup yang dipersiapkan bagi para lulusannya agar menjadi CEO dan Founder sebuah Startup.

    EBS adalah satu-satunya sekolah bisnis di Indonesia berbasis pendidikan karakter yang mendidik para mahasiswanya agar mampu mengelola bisnis secara profesional dan menguasai teknologi informasi sesuai perkembangan zaman. EBS menyediakan program studi S1 Sistem Informasi (Konsentrasi Digital Startup). Untuk tes gelombang ke-3 akan dilaksanakan tanggal 16 Maret 2019. Wujudkan cita-citamu bersama ESQ Business School.
Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi