Inilah 5 Cara agar Tetap Produktif bagi Mahasiswa Saat Liburan Semester

Inilah 5 Cara agar Tetap Produktif bagi Mahasiswa Saat Liburan Semester

Inilah 5 Cara agar Tetap Produktif bagi Mahasiswa Saat Liburan Semester

ESQ Business School – Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu bagi seorang mahasiswa adalah liburan semester. Liburan semester menjadi hal yang tepat untuk melepas segala kepenatan selama satu semester berjibaku dengan kegiatan dan tugas kuliah. Bagi para mahasiswa rantau, liburan semester dianggap waktu yang tepat untuk pulang ke daerah asal untuk berkumpul bersama keluarga.

Tak sedikit juga yang memanfaatkannya untuk travelling bersama teman-teman. Sebenarnya, ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bagi para mahasiswa yang sedang liburan semester untuk mengisi liburannya agar menjadi liburan yang produktif, bermakna, dan juga berkesan. ESQ Business School (EBS) yang mempunyai visi sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia, merangkum 5 cara agar tetap produktif bagi mahasiswa saat liburan semester seperti yang dilansir dari situs web infomahasiswa.com. Simak ulasannya berikut ini:

  1. Mencoba Membuka Bisnis
    Siapa bilang kegiatan berbisnis hanya dilakukan untuk orang-orang seumuran ayah dan ibu kita saja? Nyatanya, di zaman sekarang banyak kaum muda yang di usia belasan tahun sudah terjun dalam dunia bisnis. Lalu, kira-kira bisnis seperti apa yang cocok dibuka saat mengisi liburan semester? Sebaiknya, bisnis yang tidak memerlukan modal awal yang banyak dan juga alangkah lebih baik lagi apabila barang yang dijual dapat dikembalikann jika tidak laku, sehingga tidak terjadi kerugian dengan barang yang menumpuk di rumah. Tapi, lain halnya jika bisnis yang kamu buat adalah di bidang jasa, maka bukalah layanan jasa yang benar-benar kamu kuasai. Membuka bisnis saat liburan semester hendaknya diniatkan bukan hanya semata mencari keuntungantapi lebih diniatkan untuk mengasah naluri bisnis dan membuka jaringan.
  1. Mulai Membangun Personal Blog
    Dunia teknologi dan digital yang kini telah berkembang pesat banyak memunculkan profesi baru di kalangan generasi millennial. Ada yang menjadi seorang blogger (orang yang menulis di blog), ada yang menjadi selebgram (selebritis Instagram), dan lain sebagainya yang memudahkan seseorang untuk mendapatkan penghasilan. Dari menjadi blogger saja, banyak yang penghasilannya melebihi karyawan kantoran biasa. Tentunya, blogger yang memiliki kualifikasi dalam tulisannya. Kamu juga bisa mengisi waktu liburan semestermu dengan membuat personal blog yang sesuai dengan passion kamu. Personal blog adalah kumpulan catatan atau tulisan yang berisi tentang ilmu dan pengalaman atau skill pada bidang tertentu sesuai dengan kecintaan sang pemilik blog. Dan personal blog ini bisa kamu gunakan sebagai nilai tambah untuk dicantumkan di Curriculum Vitae (CV) saat kamu melamar pekerjaan ketika kamu sudah lulus kuliah. Ijazah dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan menjadi faktor penting kesuksesan seseorang diterima bekerja di perusahaan. Karena dengan personal blog akan menjadi pembeda untuk kamu dan kandidat lainnya di mata tim rekruitmen karyawan baru, yang berarti tandanya kamu adalah seseorang yang up to date dan menaruh perhatian lebih pada dunia digital yang sedang happening saat ini.
    Inilah 5 Cara agar Tetap Produktif bagi Mahasiswa Saat Liburan Semester
  1. Memulai Menulis Cerpen dan Artikel
    Bagi yang suka dengan dunia tulis menulis, Liburan semester ini juga bisa kamu isi dengan mulai untuk menulis cerpen dan artikel. Jangan salah, menulis cerpen atau pun artikel berpeluang menghasilkan pendapatan. Sekarang ini, di sosial media, banyak sekali akun yang isinya kumpulan info tentang lomba kepenulisan. Tentunya ini menjadi peluang bagi kamu yang gemar menulis untuk mencoba peruntunganmu. Andaikata merasa tulisan belum bagus, terus mencoba. Karena setiap tulisan yang kamu buat tidak akan sia-sia dan jika tulisanmu bermanfaat akan menjadi amal jariyah bagi kamu kelak.
    Inilah 5 Cara agar Tetap Produktif bagi Mahasiswa Saat Liburan Semester
  1. Menjadi “Volunteer” untuk Kegiatan-kegiatan Sosial
    Menjadi seorang volunteer atau relawan adalah sebuah pekerjaan yang mulia, karena tak semua orang tergerak hatinya untuk melakukan pekerjaan tersebut. Nah untuk mengisi waktu liburan semester, menjadi relawan adalah salah satu kegiatan yang tepat. Relawan apa? Apa saja, misalnya: proyek pembangunan atau pengecatan masjid, proyek pembersihan sampah di sekitar RT atau RW di rumahmu, proyek mengajar bagi anak-anak kurang mampu, dan lain sebagainya. Berbagai manfaat bisa kamu dapatkan diantaranya adalah selain menambah pahala, kamu juga bisa menambah jaringan pertemanan.
  1. Mengikuti Berbagai Kursus untuk Meningkatkan Skill
    Mengikuti pelatihan untuk meningkatkan skill sangat bagus dilakukan untuk mengisi liburan semesteran. Kursus atau pelatihan yang seperti apa yang sebaiknya diikuti? Pilihlah jenis pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan skill kamu secara untuk membantumu mewujudkan cita-citamu. Selain itu, pilihlah jenis pelatihan atau training dengan biaya yang relatif terjangkau. Dan di era digital saat ini, kamu juga bisa mengikuti kursus secara online. Hanya bermodalkan internet dan paket kuota, maka kamu bisa mengikuti kursus tanpa harus datang langsung ke lokasi.
    Inilah 5 Cara agar Tetap Produktif bagi Mahasiswa Saat Liburan Semester

***

Nah, semoga kelima cara agar tetap produktif untuk mengisi liburan semester seperti di atas dapat bermanfaat. Tetaplah mengisi liburan dengan hal-hal yang bermanfaat dan produktif.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi